Analisis KI, KD, IPK, dan TP (Pertemuan-5)

Setiap pendidik wajib mengetahuai tentang semua hal yang berhubungan dengan kurikulum. Kurikulum adalah pijakan dalam menyusun semua hal yang ada di bawahnya, seperti: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut. Dalam konteks pembuatan modul, bagian dari kurikulum yang harus kita ketahui adalah pemahaman istilah Kompetensi, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan Tujuan Pembelajaran.

Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang harus dikuasai atau dimiliki oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, kompetensi terbagi 2 yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap satuan program pendidikan yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program pendidikan dalam mencapai SKL. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar peserta didik yang dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.

Indikator pencapaian kompetensi (IPK) dimaksudkan sebagai acuan penilaian mata pelajaran yang terdiri atas beberapa KD, karena itu IPK merupakan tolok ukur ketercapaian suatu KD. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dapat didefinisikan bahwa IPK adalah:

  1. kemampuan yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2, dan
  2. kemampuan yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4.

Merumuskan IPK dapat menggunakan rambu-rambu sebagai berikut.

  1. Indikator merupakan penanda perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1), sikap sosial (KD dari KI-2), perilaku pengetahuan (KD dari KI-3) dan perilaku keterampilan (KD dari KI-4) yang dapat diukur dan atau diamati.
  2. Untuk mata pelajaran selain PA-BP serta mata pelajaran PPKn, perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1) dan sikap sosial (KD dari KI-2) tidak diturunkan ke dalam KD dan juga tidak memiliki IPK pada RPP. Aspek sikap pada mata pelajaran selain PA-BP dan mata pelajaran PPKn diintegrasikan pada rumusan tujuan pembelajaran sebagai degree afektif atau attitude.

Rumusan IPK menggunakan dimensi proses kognitif dari memahami sampai dengan mengevaluasi, dan dimensi bentuk pengetahuan yang sesuai dengan KD, namun tidak menutup kemungkinan perumusan indikator dimulai dari serendah-rendahnya C2.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan hasil belajar (tingkah laku-behavior) yang harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan KD yang dipelajarinya. Tujuan pembelajaran dapat digunakan sebagai tolak ukur tercapainya setiap sintaks atau langkah model pembelajaran pada kegiatan inti setiap kegiatan pembelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil pembelajaran yang dapat merupakan jabaran lebih rinci dari indikator (IPK). Setelah membuat IPK dari setiap KD dilanjutkan dengan membuat rumusan tujuan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dari KI pengetahuan dan KD dari KI keterampilan dengan mengaitkan dimensi sikap yang akan dikembangkan. Perumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. Mager dalam Dick dan Carey (1990) mengemukakan bahwa dalam penyusunan tujuan pembelajaran harus mengandung tiga komponen, yaitu; (1) perilaku (behavior), (2) kondisi (condition), dan (3) derajat atau kriteria (degree). Instructional Development Institute (IDI) menambahkan komponen sasaran (audience), sehinggag perumusan tujuan pembelajaran diharapkan mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition dan Degree (ABCD), yaitu sebagai berikut.

  1. Audience adalah peserta didik;
  2. Behaviour merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan dicapai setelah mengikuti pembelajaran;
  3. Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar tujuan pembelajaran tercapai, dan

Degree adalah ukuran tingkat atau level kemampuan yang harus dicapai peserta didik mencakup aspek afektif dan atau attitude. Untuk aspek afektif di arahkan kepada aspek afektif tuntutan kompetensi keahlian dan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang meliputi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Penjelasan lebih lanjut tentang analisis KI, KD, IPK, dan TP dalam konteks penyusunan modul dapat disimak dalam video berikut:

 

35 thoughts on “Analisis KI, KD, IPK, dan TP (Pertemuan-5)

  1. Alhmd…
    Lancar masih bisa mengikuti dengan lancar walaupun banyak kegiatan..mantap..tks..P Luksman..

  2. Trimakasih informasi sudah jelas.
    Sedang untuk Bimbingan Konseling kami menyesuaikan dengan silabus yang dibuat sekolah berdasarkan AKPD ( analisis kebutuhan peserta didik) , Jadi untuk Standart kompetensi memakai Tugas perkembangan anak , Sedang tugas perkembangan ini dijabarkan dalam komptensi dasar .

  3. Terima kasih ilmunya , bisa nambah pengetahuan. Untuk pertemuan 5 ini ada absennya tidak ya Cak Lukman?

  4. Saya nyimak lagi untuk yg ke 3 x nya.. Mencermati lagi… Materinya benerĀ² bagus… Nambah wawasan ..sy sangat tertarik pak lukman.. Jd termotivasi oleh gagasanĀ² yg di sampaikan melalui materi ini… Trmksh pak lukman.

  5. Siiipp dapat tambahan ilmu lagi smoga bisa sy terapkan krn slm ini tdk memahami smpai segitunya..Trims pak Lukman sll ada ilmu baru buat sy…sangat bermanfaat sekali

  6. Alhamdulillah badan sudah fit…walaupun terlambat tetep semangat mengikuti Diklat ini & yg jelas dapat tambahan ilmu

  7. Terimakasih unk materinya sangat bermanfaat sekali,.sebagai guru baru ,ini sangat bermanfaat bagi sy yang belum paham mengenai KI KD dan IPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *