Behind the Scene

Bila saya dan Pak Bass berada di hutan, maka beliau ada di depan sambil membawa parang untuk membuat jalan bagi saya yang ada d belakang. Begitulah cara kerja P3G Jawa Timur.

Pernahkah lihat film, teman-teman? Saya suka film bergenre action (laga). Misalnya kita ambil film The Avengers: End Game. Di balik film The Avengers: End Game yang bagus, tentu ada banyak orang yang terlibat. Skor 9.8/10 IMDB menandakan film itu berkualitas dan menarik. Efek Computer Generated Imagery (CGI) yang sangat luar biasa. Di balik itu semua, pasti ada tim di balik layar. Kalau nonton film, luangkan waktu untuk melihat credit film. Itulah tim yang bekerja menyajikan film yang bagus dan bisa kita nikmati di bioskop.

Sama dengan film The Avengers: End Game, P3G Jawa Timur, juga ada tim di balik layar (behind the scene). Siapakah dia? tidak berlebihan jika saya sebut Pak Bass (Setyo Basuki) sebagai behind the scene P3G Jawa Timur, tetapi orang-orang suka memanggil Pak Setyo. Pak Bass bagi saya adalah orang yang tidak tampil di depan umum tetapi memberi efek yang luar biasa pada jalannya kegiatan, baik Kelas #nulisPUISIbareng maupun Kelas #PTKjadiBUKU. Pak Bass selalu memantau grup dan memiliki tugas yang berat, yaitu screening peserta. Walau dibalik layar, beliau juga termasuk eksekutor untuk hal-hal yang sangat mendesak. Itulah fungsi, Pak Bass.

Bila saya dan Pak Bass berada di hutan, maka beliau ada di depan sambil membawa parang untuk membuat jalan bagi saya yang ada d belakang. Begitulah cara kerja P3G Jawa Timur. Program-program keren muncul dari Pak Bass, Kelas #nulisPUISIbareng dan #PTKjadiBUKU. Di balik video Youtube yang saya buat, ada peran penting Pak Bass di video itu. Behind the Scene, konseptor dibalik kesuksesan suatu kegiatan. Begitulah kira-kira, boleh setuju boleh tidak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *