(Belajar) Jadi Ahli

Tekuni passionmu, engkau akan menjadi ahli!

Saya suka menonton Youtube Channel yang #sumatranbigfoot, Breakdown Channel Universe, Daniel Schiffer, Khan Academy, dan Youtube Channel lainnya yang benar-benar fokus pada keahlian masing-masing. Ulasan-ulasan kanal-kanal itu menurut sangat ahli dan benar-benar sesuai dengan apa yang mereka pelajari dan pahami.

Saya pernah mencoba memberikan saran kepada teman yang sangat ahli dalam hal puisi dan cerpen. Walaupun teman saya seorang guru matematika. Terkadang hal yang dipelajari di bangku kuliah tidak menjadikan kita ahli dalam hal itu. Saya lulusan pendidikan Fisika, tapi saya suka belajar tentang publikasi ilmiah, penulisan, dan penerbitan buku, serta teknologi yang berhubungan dengan kepenulisan dan pembelajaran. Matematika dan puisi atau cerpen, Fisika dan publikasi ilmiah, tidak mendukung satu sama lain. Itulah fakta bahwa menjadi seorang (calon) ahli, bisa jadi tidak linier dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Belajar otodidak bisa menjadi orang lebih ahli daripada belajar di bangku kuliah.

Belajar adalah kata kuncinya. Belajar bermakna luas. Belajar di bangku kuliah atau belajar otodidak sama saja, asal belajar. Belajar jadi (calon) ahli. Thomas Alfa Edison penemu lampu bohlam tidak pernah sekolah. Thomas Alfa Edison belajar di laboratorium yang ada di rumahnya. Ketekunannya dapat menghasilkan salah satu mahakarya yang sampai sekarang dipakai orang seluruh Indonesia.

Sesekali boleh kita berpikir out of box. Walaupun berat, tidak ada salahnya mencoba. Teman saya yang matematika pernah mencoba membuat tulisan yang serius (seperti artikel). Hasilnya tidak maksimal, tetapi teman saya sudah pernah mencoba out of box. Saya juga pernah mencoba menulis puisi. Hasilnya, (menurut orang yang ahli puisi), jauh dari kata indah dan mendayu-dayu.

Karya yang datang dari passion akan mampu menyentuh pembaca yang memiiliki frekuensi yang sama. Ahli puisi menilai puisi, ahli publikasi ilmiah menilai karya ilmiah. Tidak bisa dibohongi. Seorang ahli melihat sebuah karya akan langsung terbesit dalam hati bahwa karya itu bernilai bagus atau tidak. Bila tidak percaya, bacalah sebuah karya dari orang yang memiliki passion seperti anda, rasakan dalam hati anda!

Tekuni passionmu, engkau akan menjadi ahli!

ah.li

  1. n orang yang mahir, menguasai, paham sekali dalam suatu ilmu; orang yang memiliki kemampuan dalam menelaah, menganalisis, menginterpretasi suatu ilmu
  2. a mahir benar; sangat mendalam dalam suatu ilmu: dia seorang yang — menjalankan mesin itu
  3. a sangat tekun dan gemar melaksanakan suatu kewajiban: dia orang yang — dalam ibadah
  4. n pangkat dalam jabatan atau tugas fungsional: — peneliti

(sumber: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ahli)

One thought on “(Belajar) Jadi Ahli

  1. Pingback: Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *