Belajar (lagi) Jurnalistik

Sebuah amanah yang sangat berat bagi saya. Berbekal (hanya) pengalaman otodidak dalam bidang jurnalistik, saya berusaha untuk belajar dan belajar agar peserta didik yang mengikuti esktrakurikuler nyaman dan mendapat nilai lebih dari sekedar mencari berita dan melaporkannya.

Saya tidak percaya sebuah kebetulan. Saya percaya bahwa ada skenario Allah dalam  tindakan manusia. Sebagaimana, ketika daun yang jatuh, tidak luput dari kehendak Allah. Banyak hal yang (mungkin) tidak disadari bahwa perjalanan itu tidak masuk akal, bahwa di luar nalar sehat manusia.

Berawal dari mencetak mencetak buku kumpulan laporan Study Tour “Everlasting Memories in Bali” yang ditulis oleh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Kemudian berlanjut ke keterlibatan menjadi tim penerbitan majalah sekolah perdana. Saya sebagai orang non-SMA Negeri 1 Kota Mojokerto dipercaya sebagai tim bersama dengan pendidik dan peserta didik SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Deadline diberikan kepada kami (tim jurnalistik) sangatlah singkat, 1 bulan. Walhasil, majalah kebanggaan SMA Negeri 1 Kota Mojokerto dapat terbit tepat waktu dengan segala kekurangan di dalamnya.

Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dimulai. Saya diberi tugas lanjutan untuk menjadi pembina ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Sebuah amanah yang sangat berat bagi saya. Berbekal (hanya) pengalaman otodidak dalam bidang jurnalistik, saya berusaha untuk belajar dan belajar agar peserta didik yang mengikuti esktrakurikuler nyaman dan mendapat nilai lebih dari sekedar mencari berita dan melaporkannya.

Sebelum ekstrakurikuler dimulai, saya sudah mendahului starting point. Saya meminta subdomain sekolah yang akan digunakan sebagai wadah menulis bagi peserta didik. Domain itu bernama https://smileup.smanegeri1mojokerto.sch.id/. Nama ini diambil dari nama majalah yang terbit, SMILE UP. Lama ini akan digunakan sebagai tabungan tulisan untuk menerbitkan majalah sekolah edisi berikut, Desember 2020. Semoga peserta didik ekstrakurikuler Jurnalistik dapat mengembangan talenta menulisnya melalui laman tersebut sebagaimana tagline SMILE UP, Selalu Gembira, Tidak Mengeluh. Selamat datang di dunia jurnalistik, dunia seni menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *