Belajar Nulis Bareng (Bagian-1)

Acara ini tidak hanya seremoni belaka, tetapi harus ada karya (buku). Saya (hanya) berbagi pengalaman saja dalam acara ini. Berbagi pengalaman tentang menulis. Materi yang hanya 3 jam, tetapi targetnya adalah karya buku. Rasa optimis saya muncul bahwa buku ini akan jadi. Bukan tanpa alasan. Saya melihat orang-orang muda yang brilian dengan ide-ide segar.

Acara Belajar Nulis Bareng Ustadz dan Ustadzah SMP/MA Darul Madinah Kota Madiun meninggalkan banyak hal yang sangat berkesan. Semoga bisa membahas satu persatu melalui tulisan. Ini adalah bagian pertama dari beberapa tulisan yang ingin saya buat. Saya banyak belajar dari acara ini. Apa saja? Simak tulisan ini sampai selesai.

Sebelum acara, saya berbincang santai dengan Ustadz Amir Abdullah (Kepala MA Darul Madinah Kota Madiun). Tujuan utama saya waktu itu adalah mengantar dua buku karya santri Darul Madinah: Senandung Tangisan Hujan (Santri MA Darul Madinah) dan Until Tomorrow (Yasmina Dyah Ayu Nur Azizah Yobantari, Santri MA Darul Madinah).  Dua-duanya adalah karya santri (peserta didik) dari Darul Madinah Kota Madiun. Tiba-tiba ide muncul, lha karya pendidiknya malah belum ada! Walhasil, munculnya membuat acara Belajar Nulis Bareng Ustadz dan Ustadzah SMP/MA Darul Madinah Kota Madiun.

Acara ini tidak hanya seremoni belaka, tetapi harus ada karya (buku). Saya (hanya) berbagi pengalaman saja dalam acara ini. Berbagi pengalaman tentang menulis. Materi yang hanya 3 jam, tetapi targetnya adalah karya buku. Rasa optimis saya muncul bahwa buku ini akan jadi. Bukan tanpa alasan. Saya melihat orang-orang muda yang brilian dengan ide-ide segar. Saya hanya perlu sedikit mematiknya. Melalui perantara Ustadz Vigih, akhirnya buku berjudul (Tidak) Sekadar Mengajar menjadi buku pertama antologi yang ditulis oleh Ustadz dan Ustadzah Darul Madinah Kota Madiun. Buku ini adalah awal dari proyek-proyek penulisan lanjutan yang lebih menantang (bersambung ke bagian-2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *