Blogku, Identitasku!

Jika saat ini ada yang mengulangi pertanyaan itu, saya hanya cukup menjawab, “lihat dan baca saja blog saya, kelaskuonline.id, engkau akan tahu siapa diriku”, selesai urusan karena blogku adalah identitasku.

Tahun 2008 adalah masa-masa boomingnya blog untuk pembelajaran. Saat itu, banyak guru yang masih awam tentang blog. Punya blog seperti prestasi tersendiri pada waktu itu. Walaupun blog gratisan, sudah menjadi guru-guru yang memiliki blog sudah sangat bangga dan diakui kehebatannya di bidang IT oleh guru lainnya, termasuk pimpinan sekolah. Blog gratis seperti wordpress.com dan blogspot.com masih menjadi favorit waktu itu dan bahkan sampai sekarang. Belajar saya tentang blog waktu masih mengajar di SMP Nasional KPS Balikpapan Kalimantan Timur tidak sia-sia. Saya bisa menjadi pendamping bagi teman-teman saya yang ingin belajar blog untuk pembelajaran.

Lama tidak nge-Blog, tahun 2020 saya menutuskan untuk membuat blog lagi. Saya tidak lagi memakai blog gratisan, tetapi blog berbayar. Mengapa pakai yang berbayar, nanti akan saya ceritakan pada tulisan berikutnya. Sebelum membuat blog menulis artikel atau tulisan ringan di Facebook.  Setelah saya pikir, Facebook belum menunjukkan identitas diri penulis. Facebook tidak bisa membuat kategori tulisan sebagai blog. Coba cermati blog saya (http://kelaskuonline.id), saya bisa membuat kategori tulisan saya menjadi beberapa bagian. Apa fungsi kategori dalam blog? Tunggu tulisan-tulisan saya. Termasuk tulisan ini, saya masukkan dalam kategori Guru Nge-Blog.

Saya masih teringat dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara dari Pengurus Yayasan Kontraktor Production Sharing (KPS) saat saya menjadi pelamar. Pertanyaan sangat sederhana, tetapi membuat bingung banyak orang, Describe Yout Self? Waktu itu saya berpikir keras dan menjawab sekenanya saja. Ya, saya  jawab saya mulai saya lahir sampai saya waktu diwawancara, bahwa saya seorang guru, pernah sekolah dan kuliah, dan seputar perjalanan hidup. Jika saat ini ada yang mengulangi pertanyaan itu, saya hanya cukup menjawab, “lihat dan baca saja blog saya, kelaskuonline.id, engkau akan tahu siapa diriku”, selesai urusan karena blogku adalah identitasku.

One thought on “Blogku, Identitasku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *