Cara Jitu Sukses PAK

Lakukan langkah-langkah ini dengan serius dan anda menggapai kesuksesan. Inshaa Allah!

Tulisan ini saya persembahan kepasa teman-teman yang masih peduli dengan karir dan tidak pernah putus asa untuk memperjuangkan nasibnya menjadi PNS sampai puncak karir. Sebelum saya membuat uraian, saya ingin membatasi paradigma yang dipakai adalah untuk penilaian angka kredit, bukan karena hobi atau passion. Jadi, selain paradigma itu, disingkirkan terlebih dahulu agar kita sepaham mudah memahaminya. Lakukan langkah-langkah ini dengan serius dan anda menggapai kesuksesan. Inshaa Allah! Ini saya dasarkan atas pengalaman saya dalam mengurus naik pangkat. Saya akan gunakan contoh kasus diri saya yang akan naik ke Pembina, IVa.

Ambil dan lihatlah masa penilaian PAK terakhir. PAK saya IIId, memiliki rentang masa penilaian 01-07-2015 s.d. 31-12-2018. Hal ini artinya, semua berkas saya ke IVa akan diakui jika pelaksanaan di atas tanggal 31-12-2018 atau mulai tanggal 01-01-2019. Perjalanan dimulai tanggal 01-01-2019.

Lihat nilai PAK akumulatif jumlah unsur utama dan unsur penunjang dari kenaikan pangkat terakhir. Saat saya mengajukan naik pangkat ke IIId, saya memperoleh nilai akumulatif sebesar 356.694. Nilai akan dijadikan acuan untuk memenuhi kekurangan nilai akumulatif.

Lihat dan pelajari Permen PAN dan RB nomor 16 tahun 2019 tentang guru dan angka kreditnya. Permen itu ada kebutuhan angka kredit dan angka kredit wajib untuk naik ke jenjang berikutnya. Saya akan naik ke Pembina, IVa, membutuhkan nilai kumulatif minimal 400 dengan kebutuhan per jenjang 100, angka kredit wajib unsur pengembangan diri sebanyak 4 dan unsur wajib unsur publikasi ilmiah/karya inovatif sebanyak 8. Untuk naik ke IVa, saya membutuhkan nilai 400-356.694 = 43.306. Inilah nanti yang harus saya penuhi.

Tentukan target waktu pengajuan angka kredit ke jenjang berikutnya. Ini penting dalam mengatur strategi agar sistematis dan sesuai target. Target saya ke IVa, adalah 2,5 tahun. Berarti saya akan mengajukan PAK, bulan Oktober 2021. Mengapa Oktober 2021, karena walaupun masanya 2,5 tahun, yang diakui untuk pembelajarannya hanya 2 tahun.

Hitung nilai dari unsur pembelajaran berdasarkan PKG (Penilaian Kinerja Guru) menurut jenjang kepangkatan. Saya dengan pangkat IIId, angka kredit PKG dengan nilai Baik, saya memperoleh nilai 19.50. Jadi selama dua tahun saya mendapatkan nilai dari pembelajaran sebanyak 39. Waktu penilaian PKG menggunakan tahun kalender, bukan tahun pelajaran. PKG saya adalah tahun 2019 dan tahun 2020, sedangkan tahun 2021, tidak dihitung karena belum genap satu tahun.

Penuhi unsur wajibnya. Unsur wajib pengembangan diri (PD) sebanyak 4 dan unsur publikasi ilmiah (PI) sebanyak 8. Kegiatan PD yang diikuti harus dilaksanakan mulai tanggal 01-01-2019. Saya sudah mengikuti pengembangan diri sebanyak 7 kegiatan, sehingga nilai PD sudah cukup, walaupun tidak ada masalah mau menambah lagi PD. Sedangkan unsur publikasi ilmiah, saya sudah mempunyai buku pendidikan sebanyak 3 buku, jika dinilai 3/buku, maka nilai PI/KI saya sebesar 9. Tapi ingat salah satu unsur PI/KI adalah laporan PTK, maka PTK harus ada ketika akan naik ke IVa. Tanpa PTK, walaupun nilai kumulatifnya cukup, tetap tidak bisa naik.

Strategi terakhir adalah cara memenuhi nilai PD/KI/PI. Ketiga unsur inilah yang banyak menjadi penghambat teman-teman guru tidak naik. Teman-teman bisa mengikuti diklat daring yang sekarang sudah menjamur dimana-mana. Tinggal pilih saja, salah satunya adalah #nulisPTKbareng. Kelas #nulisPTKbareng tidak hanya menghasilkan laporan PTK saja, tetapi juga buku ber-ISBN. Punya trik tambahan, tulis di kolom komentar. Selamat menjalankan dan jangan tergiur dengan calo-calo PAK.

3 thoughts on “Cara Jitu Sukses PAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *