Domino Effect of CAR

Selama ini, mindset guru tentang class action research (CAR) adalah nilai 4 dengan menyeminarkan terbatas, itu pun kebanyakan abal-abal. Penelitian tindakan kelas tidak melulu dalam bentuk laporan yang diseminarkan, tapi bisa dimodifikasi dalam bentuk yang lebih bervariasi. Salah satu contoh adalah Kelas #PTKjadiBUKU. Sudah ada 10 #PTKjadiBUKU yang sudah cetak menjadi buku pendidikan ber-ISBN. Memangnya PTK bisa dimodifikasi jadi apa saja? Simak tulisan ini sampai akhir!

PTK dalam bentuk laporan adalah jamak dilakukan oleh guru. PTK adalah hasil penelitian yang bisa dikembangkan dan dimodifikasi agar layak menjadi berbagai macam produk yang dapat diajukan untuk angka kredit. Selain dalam bentuk laporan, PTK dapat dimodifikasi menjadi:

Buku ber-ISBN. Buku 4 tentang Pengembangan PKB dan angka kreditnya menjelaskan bahwa, selain laporan PTK yang diseminarkan, PTK dalam bentuk buku ber-ISBN yang disebarkan secara nasional atau lolos dinilai oleh BSNP juga bernilai 4. Saat pengajuan ISBN, ada salah satu jenis buku yang ada di daftar ISBN adalah Karya Penelitian. PTK termasuk penelitian yang memiliki ISBN khusus, selain jenis fiksi dan nonfiksi. Masalah disebarkan secara nasional, bisa disiasati dijual menggunakan toko daring (online). Inshaa Allah, 2021 akan saya coba poin pada rubrik ini. Semoga berhasil. Saya pernah tanya ke tim penilai PAK Jawa Timur, ternyata selama beliau menilai, belum ada guru yang pernah mengajukan laporan PTK dalam bentuk ber-ISBN dan disebarkan secara nasional atau dinilai oleh BSNP.

Best Practice (Pengalaman Terbaik). Best Practice (praktik terbaik) adalah miniatur mini dari PTK. Dengan kata lain, praktisnya PTK disebut best practice. Kalau PTK itu mobil Pajero, maka best practice adalah Xpander. Best practice adalah praktik terbaik dari pengalaman seseorang atau sekelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk cara mengatasi berbagai permasalah di sekolah. Dengan kata lain, best pratice adalah pengalaman terbaik dari proses pembelajaran. Best practice dijadikan alternatif praktis dalam melengkapi unsur publikasi ilmiah dalam pengajuan PAK. Walaupum nilainya 2, tetapi laporanhya lebih praktis dan cepat. PTK dapat dimodifikasi menjadi best practice.

Artikel Jurnal. PTK yang masih berbentuk umum dapat diresume menjadi artikel jurnal beberapa lembar, tergantung pada gaya selingkung dan batasan halaman yang ditentukan pengelola jurnal. Sebagai contoh, Jurnal Inovasi Pembelajaran menentukan 1 terbitan 12 artikel, 1 artikel 6 halaman. Artikel jurnal berisi poin-poin di PTK. Jadi, tidak semua isi PTK dimasukkan menjadi artikel. Untuk contoh artikel, teman-teman bisa mengunjungi ejournal.smkn1sookomojokerto.sch.id.

Buku Pendidikan Ber-ISBN. Apa bedanya dengan Buku ber-ISBN di atas? Persoalan ini pernah saya tanyakan ke tim penilai angka kredit, kalo buku ber-ISBN itu menggunakan format PTK, jadi PTK asli itu yang diajukan ISBN sebagai karya penelitian, sedangkan Buku pendidikan ber-ISBN lebih condong ke buku referensi, sehingga pengembangan teorinya lebih dominan. Kelas #PTKjadiBUKU termasuk kategori buku pendidikan ber-ISBN dengan nilai 3.

Saya sangat terbuka untuk berdiskusi dengan teman-teman yang mempunyai pengalama berbeda untuk menambah khasanah pengetahuan dalam dunia per-PAK-an. PTK dalam bentuk laporan, buku ber-ISBN, artikel jurnal, dan buku pendidikan adalah target yang nanti akan kita capai dalam Kelas #nulisPTKbareng. inshaa Allah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *