E-Sertifikat Tidak Laku?

Andaikata, e-sertifikat dari P3G Jawa Timur tidak dinilai dalam penilaian angka kredit, setidaknya teman-teman mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang melebihi arti dari sebuah selembar sertifikat.

Anda penggemar e-sertifikat? Jika iya, maka tulisan ini layak teman-teman baca sampai akhir. Jika anda pemburu ilmu (pengetahuan), maka jangan lanjutkan baca tulisan ini. Jika anda penggemar sertifikat dan pemburu ilmu, maka teman-teman bisa meluangkan waktu membaca sampai habis.

Selama masa pandemi Coronavirus disease (Covid-19) banyak sekali pelatihan, webinar, workshop, atau apapun bentuknya yang menawarkan e-sertifikat, berbayar atau gratis. Ini merupakan suatu hal yang positif di kala pandemi. Banyak teman-teman guru yang mengisi waktunya selama di rumah dengan hal-hal bermanfaat. Tetapi, perlu hati-hati karena jangan-jangan e-sertifikat yang teman-teman peroleh tidak bisa digunakan angka kredit? Mengapa?

Buku 4 PKB dan angka kredinya menjelaskan bahwa salah satu lampiran yang harus disertakan dalam laporan pengembangan diri adalah surat tugas dari kepala sekolah. Surat tugas kepala sekolah (biasanya) didasarkan pada surat undangan yang diberikan oleh lembaga penyelenggara, misalnya P3G Jawa Timur sebagai dasar pembuatan surat tugas. Surat undangan dari penyelenggara tidak diperlukan, jika sekolah bersedia membuatkan surat tugas.

P3G Jawa Timur tidak pernah menjamin e-sertifikat yang dikeluarkan oleh P3G Jawa Timur diakui dalam pengajuan angka kredit unsur pengembangan diri, tetapi P3G Jawa Timur telah melalui semua prosedur dalam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Buku 4 PKB dan angka kreditnya. P3G Jawa Timur selalu mengeluarkan buku panduan, surat undangan panggilan peserta, dan sertifikat sebagai dasar untuk memudahkan membuat laporan pengembangan diri. Andaikata, e-sertifikat dari P3G Jawa Timur tidak dinilai dalam penilaian angka kredit, setidaknya teman-teman mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang melebihi arti dari sebuah selembar sertifikat.

37 thoughts on “E-Sertifikat Tidak Laku?

  1. Ya saya paham,
    hanya akan kecewa bila e-sertifikat itu tidak diakui.
    Dalam hal ini butuh penjelasan ketidakdiakuiannya.

  2. Setuju pak Luk…yang pertama kita cari adalah ilmu, sehingga kita mendaptkn pengetahuan yng bs kita aplikasikn dlm khidupan… sdangkan sertifikat adlh bonus.., jika tdak dapt ya tidak msalh…

  3. Ilmu lebih utama daripada selembar kertas sertifikat. Tp akan lebih mantap jika ada kualitas yg di akui dengan kuantitas, salah satu nya sertifikat.

  4. Saya ketagihan menulis bukan sertifikat…. Semakin sering menulis semakin sadar bahwa saya tidak tahu apa-apa…. Terima kasih telah berbagi ilmu

  5. Baik cak saya mengerti, ilmu adalah harta yang tak ternilai.
    Membuat kita mengerti sesuatu yg belum diketahui

  6. Dapat dua-duanya oke juga. Ilmu, dan bonusnya sertifikat. Tapi melalui kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan manfaat. Sukses selalu dan ditunggu ilmu-ilmu selanjutnya….

  7. Ilmu dari P3G sangat bermanfaat, kalau pun e sertifikat dari P3G tidak diakui, maka biarlah itu menjadi tanaman, untuk menghargai profesi kita

  8. Saya mualai menulis tapi tidak melihat sertifikat yang penting ilmunya dan membuat saya jadi tertarik untuk menulis

  9. Assalamualaikum.wr.wb. Memang itu prosesure yg harus dilakukan,sehingga E-Sertifikat dari Lembaga Penyelenggara bisa diakui keabsahannya.

  10. Ya dalat sertifikat senang….apalagi di akui lebih senang lagi dan dihitung AK…
    Tapi lebih sangat senang lagi dapat ilmu dan bisa menulis dn menyusun modul

  11. Assalamualaikum wr wb, terima kasih atas tambahan ilmunya, sertifikat berlaku Alhamdulillah tidak juga ndak apa2x, kan sudah tambah pengalaman.

  12. Sangat setuju cak Lukman, bagi saya ilmu lebih penting dari selembar sertifikat, tetapi jika kita menyertakan e-sertifikat lengkap dengan surat tugas dan LPD sesuai dengan buku 4 PKB dan ternyata mendapatkan nilai ya …diuble ucapan syukurnya ….
    Yang utama kita sudah mendapatkan ilmunya dan seetifikat bisa sebagai kenang-kenanganbahwa kita pernah mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat melalui P3G Jawa Timur.
    Sekali lagi terima kasih cak Lukman.
    Ilmunya sangat bermanfaat.

  13. ilmu yang sangat bermanfaat dan gambaran modul yang sesuai itu yang saya butuhkan, terima kasih u bagi ilmunya dimanapun ilmu selalu berharga untuk pengetahuan dan wawasan, terima kasih

  14. Terima kasih
    Apapun kegiatan dari KelasKu Online wajib saya ikuti pengen semua ya diikuti. Karena ilmu yang luar biasa. Ada sertifikat alhamdulillah. Tidak ada pun tidak apa apa

  15. saya senang bisa bergabung di kelas onlineku meskipun saya tidak bisa menulis.. disini saya mendapat ilmu bertemu dg saudara yg gemar menulis

  16. Ilmu itu tidak akan bisa diukur dengan selembar kertas yang bernama sertifikat, karena dia tidak mudah dicuri / hilang , dan kemanfaatannya hingga ke ujung usia , apalagi kalau mau berbagi, semakin dibagi semakin berkah . sebaik baik mamusia adalah dia yang bermanfaat bagi banyak orang.

    Guru Indonesia … Luar Biasa

  17. Siippp….
    Dengan berpedoman Buku 4, e-Sertifikat dari PPPG Jatim Dinilai sesuai durasi waktunya…
    Jika 32 Jam… nilainya 1

  18. Saya sebenarnya bersyukur melalui diklat ini jadi banyak belajar dalam membuat modul, memang awalnya niat ada untuk sertifikat akan tetapi setelah masuk ke dalam untuk setiap langkah proses pemahaman materi dari yang telah dipaparkan akhirnya muncul kesenangan tersendiri dan untuk sertifikat akhirnya saya berfikir itu hanyalah bonus ketika kita sudah menyelesaikannnya.Yang terpenting bagi saya adalah ilmu yg saya dapatkan ini lebih berharga tanpa atau dengan sertifikat. kalaupun lulus Alhamdulillah sebaliknya jika tidak maka harus tetap belajar terus dengan bonus sudah punya ilmu baru.

  19. Yang penting ilmunya dapat, dimengerti, bisa bermanfaat bagi semua orang!
    Terima kasih Pak Kelasku online!!
    Tetap Semangat!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *