Eksklusivitas PTK

Itulah eksklusivitas PTK. PTK adalah penelitian yang sangat mudah dilakukan oleh guru karena guru tidak perlu meluangkan waktu khusus dalam melakukan PTK. Jadi, jangan mengomplekkan PTK.

Cresswell berpendapat bahwa Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) adalah practice research (penelitian praktis). Penelitian eksperimen dan penelitian pengembangan (research and development) adalah penelitian yang digunakan untuk mengeneralisir teori, berbeda dengan PTK. PTK hanya berlaku untuk kelas tertentu dan tidak bisa mengeneralisir teori. Bisa jadi model/strategi atau apapun sebutannya, bila diterapkan di kelas lain dengan berbeda hasilnya.

PTK dilaksanakan oleh guru. Guru sebagai pelaksana langsung penelitian. Guru memiliki peran pengajar, peneliti, sekaligus pengambil data. Keterbatasan guru dalam melaksanakan penelitian dibantu oleh kolaborator. Kolaborator adalah guru yang membantu dalam melakukan observasi kegiatan guru dan siswa pada saat pembelajaran. Kolaborator memang lebih baik dari mata pelajaran yang sama karena kolaborator akan diajak diskusi pada saat tahap refleksi. Dengan harapan, masukan dan saran lebih spesifik, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam hal penyampain materi.

PTK dilaksanakan pada kelas tertentu. Setiap kelas ada siswa di dalamnya dengan jumlah yang berbeda-beda. Setiap kelas memiliki siswa dengan karakteristik yang berbeda. Bisa berbeda antar kelas, bisa berbeda antar siswa. Karakter inilah yang nanti akan memberikan hasil PTK yang berbeda. Karakter ini bisa dilihat dari observasi yang dilakukan oleh guru setiap mengajar.

PTK dilaksanakan pada saat pembelajaran. PTK tidak boleh mengganggu proses pembelajaran di kelas, termasuk alokasi waktu yang sudah direncanakan pada saat penyusunan perencanaan pembelajaran. PTK dilaksanakan secara alami di kelas dengan perlakuan yang sudah direncanakan. Pelaksanaan pembelajaran tidak boleh dibuat-buat pada saat proses pembelajaran di kelas.

PTK dilaksanakan pada mata pelajaran tertentu. Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik berbeda. Setiap materi dalam satu mata pelajaran juga memiliki karakter yang berbeda pula. Perlakukan yang diberikan pada mata pelajaran atau materi pelajaran, bisa menghasilkan hasil yang berbeda.

Itulah eksklusivitas PTK. PTK adalah penelitian yang sangat mudah dilakukan oleh guru karena guru tidak perlu meluangkan waktu khusus dalam melakukan PTK. Jadi, jangan mengomplekkan PTK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *