Fast Response

Jika sudah menasbihkan diri membuka pelatihan daring, maka bersiaplah untuk tidak berpisah sedikitpun dengan gawai cerdas anda. Respon cepat, jawaban tepat, peserta puas berlipat.

Once upon time in somewhere, notifikasi toko online yang saya miliki saya matikan. Alhasil, ada pembeli yang order buku di toko online itu dan saya tidak tahu. Tiga hari kemudian, ada niat buka-buka toko online dan muncullah sebuah pesan order buku. Dengan cepat, saya respon dan untuk pembelinya sabar atau mungkin karena butuh buku itu, maka orderpun tidak jadi dibatalkan (cancel). Namanya rejeki tidak akan kemana.

Hari ini, era 4.0, banyak individu atau lembaga mengadakan pelatihan berbasis media sosial dan pesan instan. Ada pula yang dikombinasi dengan video kanal Youtube. Karena narasumber dan peserta tidak dalam satu tempat secara fisik, maka dibutuhkan respon cepat saat buka kelas online melalui pesan instan, Whatsapp misalnya. Respon cepat inilah kunci keberhasilan pelatihan daring berbasis pesan instan.

Di samping respon cepat, ketepatan jawaban juga tidak bisa diabaikan. Respon cepat tapi jawaban ngambang (kurang fokus) juga akan mengecewakan penanya. Bahasa tulis memang sangat berbeda dengan bahasa lisan. Bahasa tulis yang digunakan di Whatsapp untuk merespon haruslah singkat dan tidak bertele-tele, mudah dipahami dan tidak disingkat karena dikhawatirkan menimbulkan banyak makna. Ini yang saya terapkan ketika memberikan materi pada Kelas Pelatihan Menulis Online Bersama Om Wijaya Kusumah. Saya pindah layar Whatsapp saya ke laptop, dan dengan mudah saya mengetik setiap tanggapan dengan cepat walaupun ada 5 orang peserta yang pakai jalur pribadi. Semua ditanggapi. Cepat menanggapi itu artinya memanusiakan manusia alias tidak dicuekin. Jika sudah menasbihkan diri membuka pelatihan daring, maka bersiaplah untuk tidak berpisah sedikitpun dengan gawai cerdas anda. Respon cepat, jawaban tepat, peserta puas berlipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *