Guru 4.0

Buku Guru 4.0 berisi pengalaman saya sebagai guru yang diharapkan akan menjadi inspirasi bagi guru-guru muda yang hidup di era 4.0. Banyak tulisan yang menarik yang layak dibaca.

Cita-cita guru memang telah melekat pada diri sejak masih duduk di bangku SMA. Bukan tanpa alasan. Ibu saya seorang guru di Madrasah Ibtida’iyah (MI) sampai pensiun. Bapak saya lulusan SD dan pernah menjadi guru Sekolah Dasar di Gresik walaupun dalam hitungan tahun. Bapak saya akhirnya memutuskan menjadi petani. Lebih tepatnya, gurunya petani. Bapak saya menjadi pelatihan petani mengenai pertanian organik. Saya mendapat chemistry menjadi guru dari kedua orang tua saya.

Setelah lulus dari Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2005, saya langsung menggantikan guru saya di SMA saya dulu sampai tahun 2007. Di sinilah awal belajar jadi guru dengan dibimbing oleh guru saya. Agustus 2007, saya diterima mengajar di salah satu sekolah di Balikpapan Kalimantan Timur. Di sekolah ini, saya belajar memanfaatkan teknologi. Belajar blog untuk pembelajaran. Sarana pendukung di sekolah ini sangat bagus. Bagi saya sebagia guru muda, sangat termotivasi untuk mengembangkan diri.

Tahun 2009, saya resign dari sekolah di Balikpapan Kalimantan Timur. Saya diterima menjadi PNS tahun 2009 dan di tempatkan di SMKN 1 Sooko Mojokerto sampai sekarang. Semua hal saya pelajari tentang jenjang karir PNS sampai ke pangkat tertinggi, IV-e (Pembina Utama). Analisis saya mengenai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) nomor 16 tahun 2009 tentang angka kredit guru. Permen ini mengajarkan untuk mempersiapkan diri dalam menuju ke jenjang pangkat tertinggi. Saya mencoba mendesain sesuatu yang tidak terpikirkan orang saat itu, yaitu tentang publikasi ilmiah, karya inovatif dan pengembangan diri. Terbentuklah Penerbit Delta Pustaka, Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G), Jurnal Inovasi Pembelajaran.

Cerita di atas termuat di buku yang saya tulis. Judul Guru 4.0 adalah salah satu tulisan yang mewakili seluruh isi buku. Guru 4.0 sebagai gambaran kesukaan saya terhadap teknologi. Buku Guru 4.0 berisi pengalaman saya sebagai guru yang diharapkan akan menjadi inspirasi bagi guru-guru muda yang hidup di era 4.0. Banyak tulisan yang menarik yang layak dibaca. Buku saya jual dalam paket buku saya, bayar seikhlasnya untuk 3 buku.

 

IDENTITAS BUKU

Judul : Guru 4.0 (Sebuah Catatan Harian sang Pembelajar)

Penyusun: Lukman Hakim, S.Pd., M.Pd.

ISBN: 978-623-7201-41-0

Penyunting: Uzlifatul Rusydiana, S.Pd.

Penerbit: Razka Pustaka

Jumlah Halaman: xii + 91 halaman

Ukuran Buku: 14.5 cm x 20.5 cm

Kertas Cover: Ivory 260 gram

Kertas Isi: Bookpaper 52 gram

Harga: Bayar Seikhlasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *