Hati-Hati Dengan Antologi

Setiap karya yang dibuat penulis, punya target tertentu. Misalnya, buku Guru 4.0 yang saya tulis tidak punya target untuk penilaian angka kredit, tetapi hanya untuk koleksi karena hanya ingin menulis saja. Buku IPA SMK K13 saya buat untuk dipakai siswa belajar dan untuk penilaian angka kredit, alhamdulillah dinilai 3. Buku Aplikasi Mind Map dan Kreativitas dalam Fisika saya buat sebagai contoh dalam pembuatan #PTKjadiBUKU dan untuk penilaian angka kredit paruh kedua 2021 ke pangkat dan golongan Pembina (IVa).

Setiap guru yang akan membuat buku dan menerbitkan di Penerbit Delta Pustaka, saya tanya untuk apa? Koleksi atau angka kredit. Bagaimana dengan antologi? Sama dengan karya-karya lainnya, antologi adalah kumpulan karya terbaik yang ditulis secara individu maupun ditulis berjamaah. Saya tidak membahas antologi yang ditulis sendiri karena sudah jelas nilai angka kreditnya. Antologi yang ditulis berjamaah inilah yang perlu diberi penjelasan lebih yang dihubungkan dengan angka kredit. Kalau hanya untuk koleksi, maka teman-teman bisa men-skip tulisan ini.

Dalam Buku 4 dijelaskan Publikasi ilmiah dan atau karya inovatif yang ditulis bersama, maka pembagian angka kreditnya sebagai berikut: 2 orang penulis (60% penulis utama dan 40% penulis pembantu 1), 3 orang penulis (50% penulis utama, 25% penulis pembantu 1, dan 25% penulis pembantu 2), dan paling banyak adalah 4 orang penulis (40% penulis utama dan masing 20% untuk penulis pembantu 1, 2, dan 3).

Nah, antologi biasanya penulisnya lebih dari 1, bagaimana cara menilainya untuk penulis utama dan pembantu, padahal posisi penulisnya sama. Pernah saya tanyakan ke tim penilai angka kredit. Penilaian yang akan diambil adalah nama pertama sampai keempat, dan angka kredit dibagi berdasarkan tabel itu.

Di sisi lain, antologi sangat berguna untuk bisa berlatih dalam menulis dalam waktu singkat akan menjadi buku. Sampai saat ini saya hanya memiliki 1 buku antologi, dan bisa jadi menambahkannya. Kalau menulis antologi berjamaah untuk angka kredit, pastikan nama anda di posisi 1-4 agar mendapatkan porsi prosentase nilai, lumayan walaupun hanya 20%. Jadi hati-hati dengan antologi. Pastikan dulu target anda menulis. Punya pengalaman menilaikan antologi untuk angka kredit? Tuliskan di kolom komentar di bawah sebagai bahan diskusi.

Note:

Antologi dalam kbbi daring

an·to·lo·gi n kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *