Ide

Menulis sebuah keterampilan yang tidak bisa muncul tiba-tiba tanpa adanya ide. Ide tentang apa yang akan kita tulis. Menulis tanpa ide sepertinya mustahil. Pertanyaannya adalah apakah ide bisa muncul dengan tiba atau perlu diasah?

Seorang teman saya waktu kuliah S-2 di Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang (UM) pernah mengatakan, “Ide itu mahal,”. Saya coba merenungkan tiga kata ini, benarkah ide itu mahal? Ide ojek online (ojol) dari seorang Nadiem Makarim berubah menjadi perusahaan raksasa decacorn saat ini. Ide sederhana, membuat aplikasi untuk ojek yang bisa diorder secara online dengan tarif yang sudah dicantumkan. Justru ide sederhana ini yang mengilhami startup lainnya untuk membuat yang serupa. Inilah menurut saya mahalnya sebuah ide.

Menulis sebuah keterampilan yang tidak bisa muncul tiba-tiba tanpa adanya ide. Ide tentang apa yang akan kita tulis. Menulis tanpa ide sepertinya mustahil. Pertanyaannya adalah apakah ide bisa muncul dengan tiba atau perlu diasah? Ide bukanlah sesuatu yang taken for granted. Walaupun muncul tiba-tiba, pasti ada sesuatu yang mendahuluinya. Menurut hemat saya, ide muncul karena diasah. Adakah cara mengasah otak agar ide itu dapat segera muncul saat kita kehabisan ide (menulis)?

Baca Buku. Hal yang paling mudah untuk mencari ide adalah membaca buku. Saat saya membaca buku Cerdas Berkarya: dari PTK jadi artikel ilmiah dan buku ilmiah karya Istiqomah, S.Pd., M.Pd. yang diterbitkan oleh Pustaka Media Guru, saya mendapatkan ide untuk membuat pelatihan menulis buku dari laporan hasil penelitian tindakan kelas. Salah satu bagian dari buku itu adalah memodifikasi penelitian tindakan kelas menjadi buku ilmiah. Saya membaca berulang-ulang bagian tersebut, dan merumuskan silabus penelitian menulis buku dari laporan penelitian tindakan kelas dengan hastag #PTKjadiBUKU.

Peka Lingkungan. Ide dapat dicarikan dengan memperhatikan lingkungan sekitar yang menarik perhatikan kita. Peka terhadap kondisi lingkungan akan membuat kita akan berpikir untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Saya seorang guru. Salah satu lingkungan saya adalah sekolah. Sekolah (jika kita mau peka) menyimpan 1001 ide untuk ditulisa. Tingkah laku siswa (peserta didik) bisa menjadi ide tulisan. Saya pernah mencoba mengamati kebiasaan siswa generasi Z saat ini. Mereka duduk berdua atau bertiga sambil pegang gawai cerdas. Diam dan tidak berkomunikasi. Mereka berkomunikasi dengan teman yang nun jauh di sana melalui aplikasi percakapan Whatsapp misalnya. Akrab dengan teman jauh, tetapi tidak peduli dengan teman di sebelahnya. Akhirnya muncul quote, “Dekat terasa jauh, jauh terasa dekat,“. Jadilah tulisan dari pengamatan terhadap lingkungan.

Refleksi. Ide munculnya masalah dalam penelitian tindakan kelas adalah hasil refleksi. Refleksi adalah proses perenungan kembali aktivitas yang telah guru lakukan saat proses pembelajaran. Tujuan refleksi ini adalah memperbaiki kekurangan dari proses pembelajaran di kelas. Hal-hal yang dapat direfleksi adalah perilaku siswa saat belajar, kesulitan siswa saat belajar, hasil penilaian harian siswa, materi pelajaran, dan masih banyak lagi. Hasil refleksi ini akan memuncul ide (judul) penelitian yang dapat ditindaklanjuti dalam bentuk tulisan laporan penelitian tindakan kelas.

Daily Activity. Ide yang paling mudah untuk ditulis adalah aktivitas sehari-hari (daily activity) yang kita alami atau kita lakukan. Selama 24 jam, kita tentu melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang bersifat habbit atau temporary. Pasti ada satu atau dua aktivitas yang sangat menarik untuk ditulis. Bahkan, tulisan itu mampu menginspirasi orang lain. Saya menulis buku Guru 4.0 yang berisi tentang aktivitas saya selama menjadi guru. Ide itu muncul dari keseharian saya menjadi guru, mulai dari filosofi sampai inspirasi guru saya saat saya sekolah.

Kelas Menulis. Hari ini sangat banyak kelas menulis yang dibuka secara daring (online). Saya sangat terinspirasi oleh cara Omjay (panggilan akrab Wijaya Kusumah) dalam mengelola kelas menulisnya. Omjay tidak mengisi sendiri kelas menulis itu, tetapi mengundang orang-orang yang sukses untuk mengisi materi. Peserta menulis resume tentang tema yang dijelaskan oleh pemateri. Peserta yang merasa sebagai penulis pemula akan sangat terbantu dengan ide menulisnya. Menulis apa yang disampaikan oleh pemateri. Gaya penulis boleh beda-beda, yang penting adalah selalu ada ide untuk ditulis.

Teman-teman ada tambahan untuk memunculkan ide menulis? Silahkan isi dalam kolom komentar.

ide /idé/ n rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita: (kkbi.web.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *