Ini Dulu, Baru Nge-Blog

Sebelum Nge-Blog, kuatkan niat dalam hati tujuan dari Nge-Blog. Jika Nge-Blog hanya untuk uang, maka engkau hanya mendapatkan dunia saya. Jika Nge-Blog dengan tujuan untuk investasi akhirat, maka blog kita akan selalu mengalirkan pahala, meskipun kita sudah berkalang tanah di kuburan.

Sebelum saya membuat kanal Youtube, saya berpikir bahwa saya bisa membuat konten yang asal-asalnya lalu dimonetisasi dan mendapatkan uang. Saya pun membuat 3 kanal Youtube yang aneh pula namanya. Saya tidak menyebutkan namanya di sini, karena sangat memalukan. Itulah niat awal saya membuat kanal Youtube waktu itu.

Nge-blog tidak jauh beda dengan kanal Youtube. Dua-duanya bisa menghasilkan uang, jika kita mau serius. Blog juga dapat dimonetisasi dengan Google Adsense. Saya tidak bercerita di sini. Akhirnya, saya mencoba merenungkan kembali. Jika saya berorientasi pada uang, maka saya membuat konten-konten yang dengan cepat menghasilkan uang. Saya coba dan tidak berhasil, sia-sia saja. Saya pun memutuskan untuk berbalik niat. Membuat konten-konten bermanfaat. Tidak peduli ada yang nonton/baca atau tidak.

Kanal Youtube: Kelasku Online dan blog KelaskuOnlineID saya dedikasi untuk konten-konten yang bermutu dan menginspirasi. Sekali, tidak peduli ada yang membaca atau tidak. Saya membuat konten berdasarkan passion saya. Saya guru, maka membuat yang berhubungan dengan pelajaran. Saya trainer, maka saya membuat materi-materi pelatihan. Saya penulis, maka saya menulis ide dan gagasan saya. Saya orang tua, maka saya menulis pengalaman anak saya. It’s me!

Sebelum Nge-Blog, kuatkan niat dalam hati tujuan dari Nge-Blog. Jika Nge-Blog hanya untuk uang, maka engkau hanya mendapatkan dunia saya. Jika Nge-Blog dengan tujuan untuk investasi akhirat, maka blog kita akan selalu mengalirkan pahala, meskipun kita sudah berkalang tanah di kuburan. Selamat Nge-Blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *