Inilah Alat Perang Kami!

Itulah alat perang kami dalam rangka mewadahi dan mendapingi guru untuk mengembangkan profesinya dengan gratis. Kami tidak menjanjikan apapun selain karya dari pendidik seluruh negeri. Semangat pendidik inilah yang menjadi bahan bakar kami untuk selalu ada di samping teman-teman secara virtual, jarak jauh, tapi dekat di hati.

Kejadian menegangkan tentang keberadaan kapal perang China di perairan Indonesia sangat menyita perhatian warga Indonesia. Indonesia mengerahkan kekuatan penuh untuk mengusir kapal perang China tersebut. Jika mau berandai-andai, Indonesia mau berperang dengan China, maka siapa yang menang? Tentu Indonesia perlu mempersiapkan segala sesuatu sebelum perang melawan China di Natuna. Persiapan itu mulai kesiapan pasukan, alusista, kolaborasi dengan negara sekutu, bahkan 5 juta dukun siap terjun melawan China jika terjadi perang. Itu seandainya terjadi perang, masih seandainya.

Jika perang saja butuh persiapan, maka kami juga sama sebelum “berperang” dengan pendidik dalam mengembangkan profesinya, kami menyiapkan alat perang kami. Alat yang akan mendukung segala aktivitas kami dalam pemberdayaan pendidik, terutama publikasi ilmiah. Mau tahu alat perang kami? Inilah alat perang kami!

P3G
Alat perang utama kami adalah Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Jawa Timur. P3G adalah wadah utama yang akan menaungi segala kegiatan dalam rangka mengembangkan profesi pendidik, terutama publikasi ilmiah. Tanpa wadah utama ini, kami akan kesulitan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan, seperti #nulisPUISIbaremg#PTKjadiBUKU#nulisPTKbareng, dan masih banyak lagi. Kalau ada yang tanya siapa yang mengadakan pelatihan? Masa’ saya jawab: pokoknya pelatihan, kumpul-berkarya-bubar! Kan tidak masuk akal. Walaupun P3G Jawa Timur belum memiliki struktur organisasi dan legal hukum, bukan berarti menghalangi niat kami untuk memberdayakan guru. Boleh setuju, boleh tidak!

Delta Pustaka
Alat perang kedua adalah Penerbit Delta Pustaka. Delta Pustaka digunakan untuk memfasilitasi guru menerbitkan buku dengan hastag #AntiTolak #Murah #Cepat. Penerbit Delta Pustaka telah memiliki akun yang terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk mengajukan ISBN. Buku apapun, terutama dari pendidik dan peserta didik akan difalisitasi penuh oleh Delta Pustaka. Bahkan untuk antologi peserta didik, dengan harga khusus. Pendidik akan sangat bangga bila karyanya dibukukan dan ber-ISBN pula. Dalam hati seolah bergumam, “Eh, ternyata saya bisa nulis buku!” Sembari tersenyum sendiri melihat bukunya bak buku yang dijual di toko buku terkenal.

Kelasku Online
Awal dibuatnya kanal video Youtube: Kelasku Online adalah untuk pembelajaran daring (online) peserta didik. Karena ide pelatihan daring membutuhkan Youtube, maka kami mengembangkan Youtube tidak hanya untuk peserta didik tapi juga pendidik. Youtube sangat efektif sebagai media pembelajaran daring, karena bisa dilihat berulang-ulang dan bisa diunduh untuk dilihat secara luring (offline). Bagi pendidik yang low signal, ini sangat berguna dan bermanfaat. Dengan tagline Belajar Menyenangkan Kapan Saja dan Dimana Saja, siap berkontribusi memberdayakan guru dengan pelatihan daring. Jangan lupa berkunjung ke Kanal Youtube: Kelasku Online, Like-Share-Subscribe.

Studio Mini
Konten Youtube membutuhkan video yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta pelatihan (baca: pendidik). Untuk memproduksi konten-konten bermutu dibutuhkan studio produksi video yang memadai. Alat perang di studio mini kami adalah: PC Core i5, Fastone, Mic Eksternal, Gawai Cerdas, Kinemaster, dan tentu saja koneksi internet. Teman-teman bisa menilai kualitas video kami di Kelasku Online, bukan yang terbaik tapi masih bisa dinikmati. Materipun kami siapkan dengan baik agar video yang kami buat bisa menjelaskan dengan sistematis dan runtut.

Jurnal
Salah satu penghambat kenaikan dari IVa ke IVb adalah adalah jurnal. Jurnal sebagai unsur wajib dalam pengajuan PAK untuk jenjang tertentu sangat penting keberadaan. Jurnal ini kami buat untuk memfasilitasi pendidik yang ingin membuat publikasi lebih bervariasi. Selama ini pendidik hanya mengandalkan PTK sebagai pemenuhan unsur publikasi ilmiah. Padahal PTK sangat rawan ditolak karen sangat ketatnya rubrik penilaiannya. Semoga jurnal ini bisa memfasilitasi pendidik dalam publikasi ilmiah.

WA dan Media Sosial
Kekuatan WA dan Media Sosial sangat hebat saat ini. Buktinya, flyer yang kami buat dalam waktu singkat dapat tersebar dengan cepat seantero negeri. Betapa kagetnya, ketika kami mengunduh peserta yang sudah terdaftar di formulir daring, diurutkan berdasarkan propinsi, wow mulai dari Aceh sampai Papua Barat. Semangat belajar luar biasa dari pendidik ternyata masih ada. Hanya butuh wadah dan pendamping saja. WA dan Media Sosial seperti mata pisau, bisa negatif bisa posiif, maka jika WA dan Media Sosial harus kita manfaat untuk tholabul ilmi (menuntut ilmu).

Itulah alat perang kami dalam rangka mewadahi dan mendapingi guru untuk mengembangkan profesinya dengan gratis. Kami tidak menjanjikan apapun selain karya dari pendidik seluruh negeri. Semangat pendidik inilah yang menjadi bahan bakar kami untuk selalu ada di samping teman-teman secara virtual, jarak jauh, tapi dekat di hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *