Jeda

Prinsip saya adalah sangat sayang jika kumpulan orang-orang hebat yang ada di dalam grup Whatsapp dibiarkan begitu saja. Saya hanya menyediakan wadah saja, peserta pelatihan yang mengisinya. Saya sangat bersyukur ternyata isi yang dituangkan ke dalam wadah sangat berbobot dan menginspirasi.

Kata orang, menunggu adalah hal yang paling membosankan. Benar jika kejadiannya seperti cerita saya berikut ini. Saya ikut salah satu grup Whatsapp tentang pendampingan guru berprestasi. Kegiatan ini dimulai awal Juni. Anggota grup sudah penuh 257 orang. Apabila dihitung mulai hari ini berarti masih 14 hari lagi. Dengan sinis, sang admin bila tidak sabar suruh keluar (left) grup. Grup Whatsapp ini dibiarkan begitu saja dan dikunci lagi. Pastinya membosankan, (mungkin) peserta sudah lupa bila pernah daftar pendampingan guru berprestasi.

Lain ceritanya dengan kegiatan yang diadakan Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Jawa Timur. Kelas pelatihan modul terintegrasi Youtube akan dimulai tanggal 1 Juni 2020. Hanya dalam waktu kurang lebih tiga hari sudah ada tiga grup Whatsapp dengan jumlah peserta kurang lebih 700 orang. Padahal pelaksanaannya masih sekitar dua pekan lagi. Membosankan jika grup Whatsapp saya kunci tanpa ada kabar berita atau postingan apapun.

Ide untuk membuat hiburan pun muncul. Quick Writing Series (QSW) nama programnya. Quick Writing Series artinya Seri Menulis Cepat. QSW adalah sebuah teknik menulis cepat hanya dengan 2 halaman A5. Menulis cepat karena ide tulisannya dari kegiatan harian peserta. QSW adalah semacam menulis catatan harian. Bahasa yang digunakan dalam QWS adalah bahasa-bahasan ringan dan santai, namun berbobot dan menginspirasi pembaca. Tidak berat sebenarnya jika hanya menulis 2 halaman A5. Target jangka pendeknya adalah setiap hari peserta mengumpulkan satu tulisan dengan template yang telah disediakan. Setiap hari tulisan akan dikumpulkan jadi satu, semacam antologi. Tujuannya jangka panjangnya adalah dibuat buku solo (karya individu). Tidak disangka, peserta pelatihan modul terintegrasi Youtube sangat antusias mengikuti kegiatan warming up (pemanasan) ini. Jadinya menunggu bukan hal yang membosankan, malah menggembirakan.

Prinsip saya adalah sangat sayang jika kumpulan orang-orang hebat yang ada di dalam grup Whatsapp dibiarkan begitu saja. Saya hanya menyediakan wadah saja, peserta pelatihan yang mengisinya. Saya sangat bersyukur ternyata isi yang dituangkan ke dalam wadah sangat berbobot dan menginspirasi. Semoga P3G Jawa Timur akan selalu menyediakan wadah yang sangat beraneka ragam. Harapannya adalah isi yang dituangkan juga akan beraneka ragam.

Sebagai catatan akhir, kegiatan warming up QWS ini sifatnya tidak memaksa peserta karena sudah disampaikan dari awal bahwa kegiatan ini adalah hiburan. Hiburan yang mencerdaskan dan menambahkan portofolio karya peserta, jika peserta serius menekuninya. Dengan kata lain, peserta pelatihan menulis modul terintegrasi dengan Youtube boleh ikut, atau boleh tidak ikut. Jeda ini akan menjadi sebuah karya.

10 thoughts on “Jeda

  1. Baru sempat baca wa hari ini. Ternyata teman2 grup dh mengumpulkan tulisan hari 1. Semoga bisa mengikuti sehingga bs menjadi karya yang bermanfaat. Terima kasih dapat ikut belajar

  2. Jika tdk ikut yg first day apa bsa ikut yg next day nya.
    Pake font apa? Size?
    Template nya mana?
    Sy mau ngirim untk yg second day.
    Terima kasih.

  3. Luar biasa kesempatan yang diberikan. Terima kasih sdh memberi fasilitas ini. Membuat saya kembali pengen menulis. Semoga tetap semangat.

  4. Maaf sy baru baca tulisan teman-teman. Bagus….Sangat menginspirasi. Sy ingin juga bisa menulis. Sayangnya saya kehilangan jejak tentang template. Adakah yang bisa membantu? Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *