Kekuatan Kata

Selalu Gembira artinya selalu bersyukur dan Tidak Mengeluh artinya bersabar.

Masih ingat ketika sang Gubernur foto dengan membaca buku How Democracies Die? Satu buku sejuta tafsir bagi lovers dan haters. Sejarah juga mencatat Sayyid Qutb, digantung karena buku yang revolusioner, Ma’alim fi ath-Thariq. Sebegitu menakutkankah kata-kata yang ada di buku itu? Benar adanya jika ada pernyataan: satu peluru mampu menembus satu kepala, kata-kata (buku) mampu mempengaruhi seribu kepala.

Saya ingat betul, ketika awal saya mencari tagline Majalah Sekolah Smile-Up SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Saya dan tim jurnalistik berpikir keras untuk menemukan tagline yang menarik. Mengapa? Karena tagline adalah kata matra penyemangat bagi kami. Kami akhirnya mendapat kata itu dari Pak Raden Imam Wahjudi selaku kepala SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Tagline itu adalah Selalu Gembira, Tidak Mengeluh.

Ketika kata muncul, saya biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Suatu saat, dua malam saya menyelesaikan tata letak majalah. (Mungkin) karena passion saya sangat menikmati. Dengan segala kekuatan, akhirnya selesai juga majalah Smile-Up edisi kedua. Saya coba merenungkan sendiri kata-kata itu, ternyata bukan sekedar penghias kata. Saya mendapatkan semangat dari kata-kata itu.

Paginya (Senin, 30 November 2020), draft majalah sudah berada di beberapa orang penyunting (editor), termasuk di meja Pak Imam. Begitu penasaran saya dengan kata-kata itu, saya langsung tanya ke Pak Imam. Beliau menjawab singkat dan sudah paham dengan maksud beliau. Selalu Gembira artinya selalu bersyukur dan Tidak Mengeluh artinya bersabar. Bukannya itu kata-kata dalam hadits Nabi? Pertemuan singkat tadi siang itu sudah mengobati rasa penasaran saya.

Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin, yaitu jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Dan jika ia mendapat kesusahan, ia bersabar dan itu pun suatu kebaikan baginya (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *