Kelas #PTKjadiBUKU Angkatan 2

Pelatihan menulis buku dari laporan penelitian tindakan kelas angkatan 1  bisa dikatakan sukses. Pelatihan ini lebih familier disebut dengan #PTKjadiBUKU. Walaupun disebut #PTKjadiBUKU, bukan hanya PTK saja yang bisa dijadikan buku, tetapi semua jenis KTI, seperti skripsi, tesis, disertasi, atau berbagai jenis KTI lainnya. Penyebutan #PTKjadiBUKU hanya untuk memudahkan pelatihan ini saja dan lebih kekiniaan. Pelatihan angkatan 1 telah menghasilkan kurang lebih 50 karya buku dari berbagai disiplin ilmu. Semua buku telah terbit dan ber-ISBN melalui Penerbit Delta Pustaka. Andakah termasuk salah satunya? Bisa komentar kesan-kesannya.

Pelatihan #PTKjadiBUKU Angkatan 2 segera dibuka. Pelatihan #PTKjadiBUKU-2 akan dilaksanakan lebih singkat daripada angkatan 1. Pelatihan #PTKjadiBUKU-2 dengan petunjuk teknis yang lebih detail walaupun materinya tetap sama. Petunjuk teknis rinci akan diunggah di Channel Youtube: Kelasku Online.

Jika saat #PTKjadiBUKU-1 hanya menghasilkan 1 produk karya buku saja, maka pada Kelas #PTKjadiBUKU-2 akan menghasilkan 3 produk karya buku dengan rincian sebagai berikut.

  1. Buku Karya Individu (Solo) ber-ISBN. Buku ini adalah karya dari PTK, skripsi, tesis, disertasi atau KTI lainnya yang relevan. Karya solo ini bersifat WAJIB bagi peserta #PTKjadiBUKU-2 dan akan menjadi salah satu kriteria kelulusan. Dalam konteks angka kredit buku karya ini termasuk kategori buku pendidikan yang bernilai AK = 3 (lihat Buku 4 PKB).  Biaya cetaknya Rp. 500.000,00 (Buku maksimal 100 halaman, halaman tambahan Rp. 2.000,00/20 halaman, cetak sebanyak 10 buku: 5 buku untuk penulis dan  5 buku untuk penerbit [2 buku untuk perpusnas, 1 buku untuk perpusda, 2 buku untuk arsip penerbit]). Semua karya solo yang dicetak akan mendapatkan SERTIFIKAT PELATIHAN 32 JAM.
  2. Buku Karya Bersama (maksimal 4 orang). Buku karya bersama ini adalah buku yang isinya diambilkan dari point. 1 (karya buku solo). Isinya adalah teori pembelajaran yang dipakai, penerapan pembelajaran di kelas yang dipakai dalam PTK. Jika penulisnya sebanyak 4 orang, maka setiap orang harus membuat tulisan sebanyak 20-25 halaman (A5) sehingga jumlah halaman buku karya bersama sebanyak 80-100 halaman. Nilai AK yang akan diperoleh sesuai dengan tabel P1 (40%) dan P2-4 (20%). Agar semua menjadi penulis 1, maka cover nanti akan dicetak dengan menempatkan setiap penulis di penulis pertama. Buku karya bersama ini sifatnya OPTIONAL (tidak wajib). Setiap penulis akan mendapatkan 10 buku karya bersama. Biaya cetak 350.000/orang dengan rincian: Rp. 300.000,00 (untuk cetak 10 buku) dan Rp. 50.000,00 untuk cetak buku (perpusnas, perpusda, dan arsip penerbit), buku maksimal 100 halaman, halaman tambahan Rp. 2.000,00/20 halaman.  Semua Karya Bersama yang dicetak akan mendapatkan SERTIFIKAT PELATIHAN 32 JAM.
  3. Buku Antologi Pembelajaran Inovatif (terbuka untuk semua peserta). Buku antologi ini tidak digunakan untuk angka kredit. Buku antologi digunakan untuk portofolio dan buku rujukan untuk menyusun penelitian tindakan kelas. Buku ini berisi teori singkat dan penerapan praktik pembelajaran dalam PTK. Setiap orang membuat tulisan sebanyak 10 halaman (tidak boleh lebih, tidak boleh kurang). Satu buku antologi berisi 50 orang sehingga jumlah 500 halaman. Buku antologi ini bersifat OPTIONAL (tidak wajib). Biaya cetak sebesar Rp. 100.000,00 dan setiap penulis akan mendapatkan 1 buku.

Untuk informasi lebih lanjut: Cak Lukman (085850000784) dan Pak Bas (082333911777)

22 thoughts on “Kelas #PTKjadiBUKU Angkatan 2

    1. terus belajar terus berkarya pantang menyerah pantang malas malasan. bergabunglah di kelasonlineku.. semua akan indah pada waktunya…

  1. Ini lah yg membuat sy smakin penasaran ikut dan ikut trs pelatihan nya pak lukman.. Trmksh pak lukman.. You are the best practise…

  2. Saya pingin ikut pak, tapi masih menunggu kepastian kapan pengumuman hasil ” menulis modul bareng” yg berakhir 20 Juni 2020 kemarin.
    Sesuai jadwal yang ada di pertemuan 1 kemarin, setelah workshop ini ada wshp lanjutannya. Mohon penjelasannya agar kami bisa fokus menyelesaikannya dengan baik . Kalau memang tidak tabrakan jadwalnya, saya dengan sangat senang dan mantap mengikuti kegiatan ini. Terima kasih atas penjelasannya.

  3. Assalamualaikum.wr.wb. Salam Sejahtera untuk semua.
    Alhamdulillah,bisa bergabung di group ini,saya berusaha bisa mengikuti dg sebaik-baiknya dan tak henti-hentinya mohon bimbingan Cak Lukman dan rekan. Tanpa bimbingan ahlinya tentunya tidak ada artinya. Barakallah. Aamiin

  4. Saya sudah mengikuti 2x PTK jadi buku yaitu pertama dari tesis, kedua dari PTK.
    Saya ingin bergabung pada kolaborasi tapi belum paham penggabungannya.
    Per bidang studi?
    Berarti harus ada mini grup?

  5. Alhamdulillah ada lagi pencerahan, tapi maksud kolaborasinya gimana belum paham betul, terima kasih cak sudah di kasih kesempatan ikut dalam pembuatan ptkjadibuku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *