Ketika Kemalasan Melanda

Biarpun satu orang, tetapi membawa perubahan besar bagi orang itu, itu jauh lebih baik daripada satu juta penonton dan pembaca tetapi tidak memberi perubahan apa-apa. Dalam bahasa agama, memberi hidayah kepada satu orang jauh lebih berguna dan berpahala di sisi Allah SWT. Inilah sebenarnya makna dari semua aktivitas yang kita lakukan.

Malas, penyakit yang bisa menghinggapi siapa saja. Biasanya kemalasan hadir karena aktivitas yang dilakukan terus menerus dan bersifat membosankan. Bosan itu adalah awal muncul kemalasan. Walaupun aktivitas itu menjadi passion sekalipun.

Beberapa bulan yang lalu sampai hari ini, sifat malas masih kadang, bahkan sering mampir ke dalam diri. Buat konten Youtube, mengatur tata letak dan menyunting buku, menulis di blog sempat lama terhenti. Semua itu adalah passion saya. Hampir satu bulan, konten Youtube Kelasku Online belum terunggah konten baru. Beberapa naskah buku yang masuk, molor dan belum tersentuh. Menulis di blog yang seharus menjadi habbit penulis pemula juga terhenti. Menurut saya ini adalah hal yang wajar dan tidak ada yang aneh. Bila dibiarkan, maka akan membawa dampak yang sangat luar biasa buruk, yaitu hilangnya semangat. Itu sebenarnya yang sangat saya khawatirkan.

Youtube Kelasku Online, Penerbit Delta Pustaka, blog KelaskuOnline.id adalah bagian dari hidup. Merintis dan membuat jauh lebih mudah daripada menjaga keistikamahan. Benar apa yang dikatakan orang, “Membangun jauh lebih gampang daripada menjaganya”. (Mungkin) teman-teman punya pengalaman yang sama dengan saya. Bisa ditulis di kolom komentar di bawah.

Akhirnya, saya mencoba menyemangati diri untuk berusaha selalu istikamah. Saya mencoba me-refresh kembali tujuan awal dari membuat Youtube, penerbit, dan blog. Semua itu dibuat dengan tujuan berbagi. Berbagi dengan siapapun. Kualitas jauh lebih penting dari kuantitas. Arti dari kualitas adalah menjaga agar konten yang dibuat harus dan wajib bermanfaat. Ini adalah harga mati yang tidak boleh ditawar. Kuantitas artinya jumlah views Youtube, jumlah buku yang masuk, dan pembaca blog tidak menjadi masalah. Karena tujuan awal adalah berbagi dan bermanfaat bagi orang lain, berapapun kuantitas (jumlah) yang menonton, membaca, dan mencetak tidak akan menjadi masalah. Biarpun satu orang, tetapi membawa perubahan besar bagi orang itu, itu jauh lebih baik daripada satu juta penonton dan pembaca tetapi tidak memberi perubahan apa-apa. Dalam bahasa agama, memberi hidayah kepada satu orang jauh lebih berguna dan berpahala di sisi Allah SWT. Inilah sebenarnya makna dari semua aktivitas yang kita lakukan.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.“  (QS. Al Zalzalah: 7-8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *