Ketika Passion Ditantang (bagian-4)

Passion terkadang bukan gifted (bakat), melainkan sesuatu yang kita tekuni karena kebutuhan. Saya saat diterima menjadi PNS tahun 2009, saya membutuhkan sesuatu untuk melancarkan jenjang karir saya.

Latar belakang munculnya video Kajian Tafsir Buku adalah adanya sebuah keinginan dalam diri untuk menjadi bagian dari Tim Penilai Angka Kredit. Salah satu syarat, menurut saya, untuk menjadi Tim Penilai Angka Kredit adalah (salah satunya) memahami Buku 4 tentang Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya. Saya akhirnya berpikir, bagaimana cara mudah untuk memahami Buku 4?

Saya coba merefleksi diri, cara belajar yang efektif adalah dengan cara mengajar. Hal ini sudah coba belajar membuat PTK, PTK jadi buku, modul. Semua saya pelajari dengan cara mengajar. Mengajarnya adalah dengan pelatihan atau mengunggah materi di Youtube Kelasku Online. Ketika saya membaca buku kemudian saya ajarkan melalui video yang saya buat. Itulah cara yang saya gunakan sampai sekarang untuk belajar sesuatu.

Passion terkadang bukan gifted (bakat), melainkan sesuatu yang kita tekuni karena kebutuhan. Saya saat diterima menjadi PNS tahun 2009, saya membutuhkan sesuatu untuk melancarkan jenjang karir saya. Saya pelajari Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, Buku 1 sampai Buku 5, dan segala hal yang berhubungan dengan jenjang karir PNS sampai ke puncak (IV-e). Akhirnya dari sini muncul passionPassion tentang seluk beluk publikasi ilmiah. Saya pun jatuh cinta tentang publikasi ilmiah. Dari passion ini, saya buat jurnal, Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G), Penerbit Delta Pustaka, dan Youtube Kelasku Online. Bahkan dari passion ini mampu menghasilkan uang, walaupun ini adalah efek, bukan tujuan utama. Sesederhana itu saya belajar dan memahami passion. Bagaimana dengan teman-teman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *