Ketika Passion Ditantang (bagian-5 selesai)

Tapi itu bukan tujuannya utamanya. Tujuan utamanya adalah berbagi. Berbagi ilmu pengetahuan. Berbagi dengan sudut pandang yang berbeda dan saling melengkapi.

Kemarin (11/10/2020), saya berkesempatan berdiskusi dengan Dr. Ninik Sudarwati, M.M. Beliau adalah dosen DPK di STKIP PGRI Jombang. Berawal dari beliau mempercayakan buku yang beliau tulis untuk saya cetak di Penerbit Delta Pustaka. Buku ini hasil dari penelitian pengembangan tentang Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Kewirausahaan secara daring di universitas atau perguruaan tInggi.

Dalam diskusi tersebut, hal yang paling penting dibahas adalah tentang publikasi ilmiah. Saya selalu menggunakan sudut pandang guru, sekali lagi sudut pandang guru dalam publikasi ilmiah ketika berdiskusi dengan dosen. Dosen dan guru memiliki domain yang berbeda tentang publikasi ilmiah, misalnya jurnal. Beliau mengatakan bahwa sebenarnya banyak perguruan tinggi yang mau menerbitkan karya tulis guru dengan cepat. Dengan kata lain, waktu tunggunya tidak lama. Saya bisa menebak, biaya pasti mahal (dari sudut pandang guru). Ternyata benar, biayanya kurang lebih 1,5 juta. Itupun belum tentu dinilai oleh Tim Penilai Angka Kredit. Saya berkaca dari pengalaman teman saya. Punya artikel yang dimuat di jurnal terakreditasi, tetapi tidak dinilai.

Begitupun saat saya ditawari menjadi narasumber dalam webinar (silahkan dilihat di flyer). Saya mengatakan saya akan menyampaikan materi saya dalam sudut pandang guru. Guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Saya juga tidak merasa minder walaupun Dr. Ninik Sudarwati, M.M dan Dr. Heri Wijayanto, ST. M.M., M.Kom adalah dosen. Mengapa karena saya punya sudut pandang yang berbeda dengan beliau berdua sebagai dosen. Itulah keunikan saya. Begitupun walaupun keduanya bergelar Doktor dan saya masih Master (Magister) itupun tidak menjadi masalah. Enjoy saja. Logika, jika penampilan kurang menarik dibandingkan mereka berdua, itu wajar, karena saya seorang guru dan hanya bergelar master. Sebaliknya jika penampilan saya menarik, maka akan menjadi luar biasa, karena guru dan bergelar master mampu mengalah dosen bergelar doktor.

Tapi itu bukan tujuannya utamanya. Tujuan utamanya adalah berbagi. Berbagi ilmu pengetahuan. Berbagi dengan sudut pandang yang berbeda dan saling melengkapi. Silahkan bergabung dengan webinar ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *