Lahir Sebuah Buku

Proses yang sangat panjang dan tidak ada yang instan. Buku, sebagaimana bayi, membutuhkan proses yang panjang pula.

Seorang bayi yang lahir ke dunia melalui seorang ibunya diawali dari bertemuanya sel sperma dan sel telur dalam rahim seorang wanita. Bertemunya sel sperma dan sel telur akan membentuk janin dan proses pun berlanjut ke proses selanjutnya sampai janin itu keluar menjadi bayi. Waktu yang dibutuhkan adalah sembilan bulan dan sepuluh hari. Proses yang sangat panjang dan tidak ada yang instan. Buku, sebagaimana bayi, membutuhkan proses yang panjang pula. Penerbit Delta Pustaka akan mencerita proses lahirnya sebuah buku yang diterbitkan oleh Delta Pustaka. Sesuai dengan standar operasional prosesur, maka prosesnya adalah sebagai berikut.

Penulis menyerahkan naskah buku dalam bentuk file yang diketik menggunakan Microsoft Word. File akan dicek dan ditelaah oleh Penerbit Delta Pustaka untuk menentukan jenis buku: puisi, cerpen, novel, atau buku teks, buku pelajaran, atau buku referensi. Setelah mengetahui jenis buku, Penerbit Delta Pustaka menentukan ukuran kertas buku. Biasanya buku cerita, puisi, menggunakan kertas 14.5 cm x 20.5 cm sedangkan untuk buku teks, buku pelajaran atau buku referensi menggunakan kertas ukuran 18 cm x 25 cm.

Proses layout dimulai. Penerbit Delta Pustaka menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menata isi buku. Margin yang digunakan adalah 2 cm untuk kiri, atas, dan kanan, sedangkan 3 cm untuk untuk bawah. Proses ini membutuhkan waktu 1 x 24 jam. Setelah proses layout selesai, file naskah akan disunting oleh Penerbit Delta Pustaka. Jika proses sunting selesai, file akan diserahkan kembali ke penulis untuk dicek ulang. Ini saya istilahkan self editing. Waktu self editing bergantung pada penulis yang bersangkutan. Sembari menunggu proses penyuntigan oleh penulis, Penerbit Delta Pustaka membuat cover buku berdasarkan judul sinopsis yang diberikan penulis. Naskah dan cover selesai dalam waktu 1 x 24 jam.

Naskah dan sudah siap, langkah selanjutnya menyiapkan dokumen pengajuan ISBN (International Standard Book Number). Dokumen itu adalah surat permohonan yang dibuat Pemerbit Delta Pustaka, cover dalam utama, halaman hak cipta, kata pengantar, dan daftar isi. Pengajuan ini dilakukan secara daring melalui laman isbn.perpusnas.go.id. Waktu yang diperlukan adalah 6 x 24 jam.

Setelah ISBN dirilis, langkah selanjutnya adalah mencetak naskah buku menjadi buku. Naskah buku akan dikirim ke percetakan. Proses percetakan buku membutuhkan waktu 12 x 24 jam. Percetakan selesai, lahirlah sebuah buku, tetapi belum dinikmati oleh pembaca karena masih harus melewati jasa kurir, kurang lebih 2-3 x 24 jam untuk dikirim ke penerbit. Karena Penerbit Delta Pustaka belum memiliki percetakan sendiri. Buku selanjutnya akan dikirim ke pembaca. Banyak buku yang dikirim adalah jumlah buku yang dipesan dikurangi 5 eksemplar. Kok dikurangi? Iya, karena penerbit memiliki kewajiban menyetor buku yang diterbitkan ke Perpusnas sebanyak 2 eksemplar dan Perpusda sebanyak 1 eksemplar serta 2 eksemplar untuk arsip.

Itulah cerita lengkap proses penerbitan buku. Semoga teman-teman memahami proses itu agar bisa memperhitungkan sendiri kebutuhan kapan buku itu akan digunakan, misalnya untuk Penilaian Angka Kredit (PAK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *