Makna Subscribers

Pembuat konten harus mampu mencerdaskan subscribers dengan karyanya. Semangat berbagi adalah semangat untuk selalu membuat hal yang menginspirasi subscribers. Jika kamu berhenti berbagi, hakikatnya engkau sudah mati.

Subscribers (pelanggan) dalam pandangan saya adalah orang yang selalu menanti produk (karya) yang akan kita buat. Subscribers akan menjadi penikmat pertama karya kita. Karya yang harus kita buat adalah karya yang menginspirasi dan membawa manfaat bagi subscribers. Jumlah subscribers Youtube Kelasku Online sampai hari ini adalah 2.533 subscribers. Angka itu bagi saya sungguh luar biasa banyak. Saya punya tanggung jawab moral untuk memberikan sajian video yang berguna dan dibutuhkan oleh subscribers. Jika konten sampah yang saya buat, maka saya telah membodohi 2.533 subscribers. Apa yang harus saya katakan kelak ketika saya dihisab di akhirat?

Hari ini saya membangikan sebuah flyer dengan tema: Semangat Berbagi. Saya memberanikan diri untuk berbagi dengan teman-teman melalui Whatsapp pribadi. Alhamdulillah, ada 57 orang yang telah menyatakan bersedia menjadi tempat berbagi saya. Berbagi info kegiatan yang diadakan P3G Jawa Timur, berbagi tautan tulisan dari kelaskuonline.id, dan berbagi video dari Youtube Kelasku Online. Bagi saya 57 orang ini sudah cukup banyak dan bisa jadi akan bertambah lagi.

Saya berusaha sekuat tenaga untuk berbagi hal-hal yang bermakna bagi subscribers yang telah percaya pada apa yang saya tulis. Saya sangat berterima kasih kepada subscribers yang telah meluangkan waktu untuk menikmati karya sederhana yang masih jauh dari kata sempurna. Itulah proses yang harus saya lalui sebagai penyedia konten. Saya sangat membutuhkan subscribers untuk mengritik setiap karya atau konten yang saya buat. Bahkan lebih baik, jika mereka bisa collaboration dengan saya untuk sebuah karya. Karya bersama antara penyedia konten dan penikmat konten.

Subscribers bukan hanya alat untuk monetisasi. Jika itu dilakukan, maka hanya mendatangkan penyesalan. Pembuat konten harus mampu mencerdaskan subscribers dengan karyanya. Semangat berbagi adalah semangat untuk selalu membuat hal yang menginspirasi subscribers. Jika kamu berhenti berbagi, hakikatnya engkau sudah mati.

5 thoughts on “Makna Subscribers

  1. Mengutip dari tulisan bapak, bahwa “Karya yang harus kita buat adalah karya yang menginspirasi dan membawa manfaat bagi subscribers” Rasanya bagi saya pribadi butuh kekuatan dan keberanian untuk menanpilkan sebuah karya. Karena banyak orang disekitar yang mampu berkarya lebih besar dibandingkan karya saya sendiri. Salut dan salam hormat buat bapak yang mampu menampilkan dan membagi karyanya buat saya, kami, dan banyak orang lainnya.

  2. Mhn maaf baru bergabung krn sdg disibukkan tadarrus bersama anak2. Pada prinsipnya saya sgt mendukung upaya P. Lukman. Memiliki 2553 subscibers bknlah hal mudah. Tp jk dilandadi dg keikhlasan untuk berbagi maka itulah hakikat ilmu bagi seorang muslim sblm ajal menjemput. Trm ksh yg tak terhingga. Barokalloh.. Semoga P. Lukman dan keluarga sehat selalu dan dalam lindungan Alloh SWT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *