Menduplikasi Diri

Sebenarnya konsep awal dari Pendampingan Kelas #nulisPTKbareng memiliki beberapa model kelas, yaitu Kelas Reguler, Kelas Kerjasama, dan Kelas Eksklusif.

Perihal pendampingan #nulisPTKbareng ada usulan yang menurut saya sangat menarik dan patut diagendakan, yaitu mengadakan pelatihan TOT Pendamping Kelas #nulisPTKbareng. Usulan saya terima dengan baik dan akan saya diskusikan dengan atasan saya Pak Setyo Basuki. Sekiranya beliau setuju, maka akan kita buatkan konsep untuk TOT-nya. Anda berminat? Silahkan tulis di kolom komentar. Maksud TOT ini adalah membekali pendamping untuk Kelas kecil. Pendamping adalah semacam guru kelasnya.

Sebenarnya konsep awal dari Pendampingan Kelas #nulisPTKbareng memiliki beberapa model kelas, yaitu Kelas Reguler, Kelas Kerjasama, dan Kelas Eksklusif.

Kelas Reguler adalah kelas besar pelatihan yang tugasnya hanya dikumpulkan saja dan tidak ada paksaan untuk jadi PTK. Kelas Reguler sangat bergantung pada motivasi dan ketekunan peserta. Peserta Kelas Reguler tidak dibatasi. Kelas Kerjasama adalah kelas yang dibuka atas permintaan komunitas tertentu, misalnya Kelas Kerjasama dengan MGMP atau komunitas lainnya. Kelas Kerjasama memiliki kelebihan yaitu adanya feedback atas tugas-tugas peserta, tetapi tidak paksaan untuk menyelesaikan PTK. Peserta Kelas Kerjasama adalah anggota komunitas yang bekerjasama dengan P3G Jawa Timur. Kelas Kerjasama yang akan dibuka adalah Kelas Kerjasama MGMP Tata Busana Wilayah Kerja 3 dan MGMP PKn SMP Kabupaten Mojokerto. Kelas Eksklusif adalah kelas yang dibuka oleh P3G Jawa Timur dengan maksimal 25 orang. Kelebihan kelas ini adalah adanya feedback dari pendamping untuk mengoreksi tugas-tugas peserta. Peserta akan dipaksa untuk menyelesaikan semua tagihan dalam bentuk Laporan PTK, Laporan PTK dalam bentuk Buku ber-ISBN, Best Practice, dan Artikel Jurnal. Kelas Eksklusif wajib mencetak buku di Penerbit Delta Pustaka dan memuatkan artikelnya di Jurnal yang sudah ditentukan panitia. Kelas Reguler, Kelas Kerjasama, dan Kelas Eksklusif semuanya gratis dan bersertifikat bagi yang dinyatakan Lulus.

Perihal usulan TOT tadi, tujuannya adalah agar pelatihan berjalan efektif dan maksimal. TOT ini yang ke depan akan dikembangkan oleh P3G Jawa Timur akan saya pribadi mampu menduplikasi diri menjadi pendamping-pendamping kelas kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *