Mengapa Youtube? Sebuah Pengantar (Pertemuan-10)

Pendidik dengan segala keterbatasannya dituntut untuk melakukan pemenuhan jam tatap muka di kelas dan pengembangan diri secara bersamaan tanpa mengganggu satu sama salin. Tentu ini menjadi dilema tersendiri bagi pendidik. Sering kita melihat teman sejawat, tidak bisa naik pangkat karena sibuk dengan pembelajaran di kelas dengan segala administrasinya. Di sisi lain, kita melihat teman sejawat yang sering dinas luar untuk melakukan pengembangan diri, sehingga banyak jam tatap muka ditinggalkan.  Tuntutan kurikulum untuk menyelesaikan materi dengan jumlah tatap muka yang telah ditentukan juga menjadi masalah tersendiri. Mata pelajaran tertentu memiliki materi yang sangat padat, tetapi alokasi waktu yang sangat terbatas. Ini sesuatu yang paradoks.

Youtube hadir menjadi salah satu solusi atas permasalahan di atas. Youtube sebagai laman berbagi berbasis video dapat digunakan untuk menggantikan pendidik ketika tidak bisa hadir tatap muka di kelas. Youtube juga dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan jam tatap muka pendidik di kelas. Pendidik merekam penjelasan dalam bentuk video dan mengunggah ke Youtube dan selanjutnya peserta didik melihat penjelasan materi kapan saja dan di mana saja.

Youtube dalam konteks pembahasan modul, memiliki peran yang sangat strategis, yaitu sebagai media bantu penjelas modul. Modul sebagai belajar mandiri penuh keterbatasan. Keterbatasan ini yang nanti akan digantikan Youtube. Penjelasan-penjelasan tambahan dari modul seperti penjelasan materi, latihan soal, atau bahkan pembahasan penilaian harian akan sangat membantu pendidik untuk memahami materi, jika menggunakan Youtube. Untuk itu, modul terintegrasi Youtube mutlak diperlukan, di samping untuk menjawab tantangan pembelajaran 4.0, juga mengefektifkan pembelajaran seperti sekarang, era pandemi.

Simak penjelasan video berikut ini.

 

21 thoughts on “Mengapa Youtube? Sebuah Pengantar (Pertemuan-10)

  1. Waoooww kerenn abis nich..
    Alhamdulillah bertubi2 ilmu telah digelontorkan ke kami yg haus ini. Semoga bermanfaat dan barokah..
    Aamiin YRA

    1. Terima kasih atas penjelasannya. Semoga segala upaya kita dapat bermanfaat untuk masa depan anak bangsa

  2. Modul youtube sama tapi beda dikit dan tipis.. waah cocok buat anak melineal sekarang apalagi buat anak yang audiovisual… mantappp

  3. Kekuangan MODUL bisa dilengkapi dengan Youtube, alhamulillah semoga bisa memberi pengajaran kepada siswa terutama masa pandemi, semoga sinyal juga lancar….Aamiiin

    Dra. Pati’ah
    SMK Negeri 1 Jombang

  4. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi…Bismillah semoga lancar dapat mengikuti setiap pertemuan..keren cak Luk..

  5. Alhamdulillah ilmu baru. Semoga kami dapat menyerap dan menerapkan dlm pembelajaran.

  6. Terima kasih sangat menginspirasi untuk pembelajaran di era pandemi saat ini. Smg ilmunya manfaat dan barokah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *