Mengapa Youtube?

Guru juga memiliki keterbatasan waktu, kalau dijelaskan di luar jam tatap muka juga bisa menjadi persoalan tersendiri. Youtube adalah salah solusi untuk mengatasi kekurangan modul.

Guru dengan segala kelebihan dan kekurangan, banyak yang mengeluh kurangnya jam mengajar, terutama mata pelajaran yang berhubungan dengan menghitung dan rumus, seperti matematika dan fisika. Materi yang banyak dan jam tatap muka yang sedikit, membuat guru harus “kejar setoran” dengan cara memanfaatkan waktu yang tersedia untuk menyampaikan materinya. Jangan pakai model pembelajaran yang aneh-aneh, pakai ceramah saja masih kurang waktunya. Kurikulum 2013 telah mengubah banyak hal dan masih selalu dinamis terhadap perubahan jam mengajar setiap mata pelajaran. Ada yang jam tatap mukanya tambah dan ada yang berkurang, tetapi kandungan materinya tetap.

Salah satu solusinya adalah dengan modul yang dilengkapi dengan ringkasan materi, contoh soal, dan latihan soal. Modul tidak berperan sebagai buku utama, tetapi pendamping (remidial dan pengayaan) untuk menjembatani kemampuan siswa dalam mempelajari buku utama (buku yang dibeli pakai uang BOS). Terkadang buku cetak dari BOS materinya terlalu luas dan melebar kemana, serta yang paling penting adalah tidak sesuai dengan kondisi/daya serap siswa. Tetapi modul ini memiliki kelemahan, yakni membosankan dan terkadang latihan soalnya membuat siswa bingung. Guru juga memiliki keterbatasan waktu, kalau dijelaskan di luar jam tatap muka juga bisa menjadi persoalan tersendiri. Youtube adalah salah solusi untuk mengatasi kekurangan modul.

Youtube telah menjadi kanal video yang sangat terkenal. Setiap gawai cerdas yang bersistem operasi Android, pasti ada aplikasi Youtube. Setiap orang mampu menggunakannya, apalagi siswa dan guru. Salah satu kelebihan dari Youtube adalah video yang ditonton bisa berkali-kali, bila siswa belum paham, tinggal melihat kembali. Nah, karena Youtube berbasis video, maka kuota data yang diperlukan juga besar. Solusinya adalah mengunduh video di Youtube melalui jaringan wifi sekolah dan melihat kembali di rumah secara luring (offline).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *