Mengundang Hiu Besar

Jika seorang motivator mengatakan bahwa undang hiu-hiu kecil dalam hidupmu, maka saya  untuk kedua sekolah ini, saya berani bilang, undang hiu-hiu besar dalam hidup mereka. Beri tantangan-tantangan yang lebih (dalam hal apapun) kepada mereka. Bukan hanya untuk lembaga, tetapi semua akan kembali kepada mereka sendiri.

Beberapa hari ini saya berpikir tentang dua sekolah yang pernah saya kunjungi. Saya diperlihatkan hal yang sangat luar biasa di dua sekolah ini. Saya mohon izin untuk menyebutkan dua sekolah ini, yaitu SMPIT Permata Kota Mojokerto dan SMP/MA Darul Madinah Kota Madiun. Dalam suatu kesempatan saya berdiskusi dengan salah seorang dari kedua sekolah tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Seandainya saya seorang leader di salah satu atau kedua sekolah tersebut, banyak program yang ingin saya lakukan. Berlian itu bernama sumberdaya manusia, khususnya pendidik (baca: guru).

Dua sekolah ini memiliki sumberdaya pendidik yang sangat produktif dari segi usia dan tingkat pendidikan. Rata-rata usia pendidik yang ada di dua sekolah itu, di bawah usia saya, dibawah 38 tahun. Ibarat spesifikasi gawai cerdas keluaran terbaru (flagship), pendidiknya berprosesor terbaru, memiliki RAM besar, penyimpanan yang sangat mumpuni, multitasking lancar, baterai besar, dan teknologi terkini yang ada dalam gawai cerdas tersebut. Ini merupakan anugerah yang sangat luar biasa bagi kedua sekolah tersebut.

Tantangan selanjutnya adalah leader harus mampu memaksimalkan sumberdaya tersebut, sebagaimana orang yang menggunakan gawai cerdas keluaran terbaru. Jika hanya digunakan untuk social media, telepon, chat, dan kebutuhan keseharian saja, maka akan percuma. Pengguna harus bisa memanfaatkan lebih dari itu. Pengguna harus mampu memanfaatkan semua fitur dan berinovasi agar gawai cerdas itu tidak mubazir.

Dalam konteks sekolah, leader perlu memiliki program inovasi dari sekedar program rutin sekolah, seperti mengajar. Sumberdaya hebat harus “dipaksa” untuk bekerja lebih daripada hanya sekedar rutinitas. Mengapa? Karena mereka adalah seorang pembelajar cepat dan sangat akrab dengan teknologi. Jika seorang motivator mengatakan bahwa undang hiu-hiu kecil dalam hidupmu, maka saya  untuk kedua sekolah ini, saya berani bilang, undang hiu-hiu besar dalam hidup mereka. Beri tantangan-tantangan yang lebih (dalam hal apapun) kepada mereka. Bukan hanya untuk lembaga, tetapi semua akan kembali kepada mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *