Nulis Cepat Buku Teks, Dijamin!

Cara menulis seperti ini saya namai dengan nulis cepat buku teks dengan metode Copy Paste plus M(odifikasi).

Boleh percaya boleh tidak! Setiap naskah yang masuk ke Whatsapp atau email, pertama yang saya lakukan adalah melihat cepat naskah itu dari awal sampai akhir. Salah tujuannya adalah melihat naskah itu berasal dari internet alias copy paste. Ada satu naskah yang membuat saya tertarik dan muncul ide untuk menuliskannya. Naskah ini berasal dari sumber internet murni. Darimana tahu? Gampang, lihat saja sumber rujukannya. Buku ini tebalnya sekitar 250 halaman.

Cara menulis seperti ini saya namai dengan nulis cepat buku teks dengan metode Copy Paste plus M(odifikasi). Copy bermakna menggambil tulisan dari internet, Paste bermakna memindahkan teks dari internet ke file word. Modifikasi bermakna sunting atau memparafrase agar tidak sama dengan teks aslinya.

Saya telah mencoba metode ini dan bisa menghasilkan dua buku, yaitu IPA untuk SMK Bisnis dan Manajemen dan Fisika untuk SMK Teknologi. Bagaimana tahapannya? Baiklah kita masuk teknis praktisnya.

Pertama, analisis dulu KI dan KD yang ada pada mata pelajaran teman-teman. Analisis ini akan menghasilkan materi-materi pelajaran, bisa per bab atau beberapa bab dalam KD. Misalnya Fisika SMK KD 3.2 Memahami konsep usaha, energi, daya, dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari dan KD. 4.2 Melakukan percobaan untuk menentukan usaha pesawat sederhana. KD ini saya bisa menghasilkan beberapa materi: Usaha, Energi, Daya, Efisiensi, dan Pesawat Sederhana.

Kedua, materi-materi yang muncul dari KD, di-breakdown menjadi jabaran materi. Saya ambil satu materi sebagai contoh, yaitu: Energi. Materi Energi dibagi dalam beberapa bahasan, yaitu Pengertian Energi, Jenis Energi, Bentuk Energi, Hukum Kekekalan Energi.

Ketiga. mengumpulkan bahan materi dari internet (Copy-Paste). Setelah kerangka sudah selesai, saatnya berselancar di internet. Internet adalah unlimited resource. Kumpulkan sebanyak mungkin bahan-bahan berdasarkan kerangka. Pilih yang sangat berhubungan dengan materi dan kemampuan serta kedalaman materi yang akan diajarkan di kelas.

Keempat, M(odifikasi). Bahan mentah dari internet, dipilih berdasarkan urutan penjelasan, kedalaman materi, kemampuan awal siswa. Prinsipnya buku yang dibuat adalah sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas. Tidak perlu meniru buku teks yang sudah ada. Agar buku teks yang dibuat benar-benar dipakai di kelas dan tidak ada yang dilewati. Modifikasi juga bisa berarti memperbaiki teks agar keterbacaan lebih smooth dan mudah dimengerti oleh siswa. Modifikasi juga bisa mengurutkan berdasarkan kemampuan prasyarat pada materi sebelum atau materi sesudahnya.

Kelima, ujicobakan ke siswa dalam bentuk lembaran per materi. Siswa memfotokopi materi tersebut atau bisa juga dibagikan dalam bentu ebook. Tujuannya adalah untuk mengecek urutan materi, ejaan, dan bahasa yang digunakan. Jangan malu minta pendapat ke siswa tentang isi materi, apakah mudah dipahami atau tidak? Apakah soalnya mudah dipahami atau tidak?

Keenam, naskah yang sudah fix, disimpan yang rapi dan aman. Bila naskah sudah lengkap, tata ulang untuk dibukukan. Kirim ke Penerbit Delta Pustaka untuk diproses lebih lanjut menjadi buku ber-ISBN.

Teman-teman menambahkan tips lainnya dalam buku teks dan tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *