Orang Muda Memimpin

Waktu yang singkat itu, banyak pelajaran yang saya ambil dari Mas Abror. Jiwa optimis, ide masa depan, revolusioner, tegas, dan berbagai jiwa khas anak muda.

Tidak ada habisnya membicarakan orang muda, lebih kerennya anak muda. Keberadaan anak muda di manapun berada akan membawa kemajuan. Saya masih yakin dengan hal itu. Optimis lebih besar daripada pesimis. Ketika bicara dengan anak muda, resonansi ide langsung nyambung dan seperti gayung bersambut. Ketika anak muda berbicara, ide di otak saya langsung ter-load secara otomatis terhubung, begitu sebaliknya. Seolah, dua anak muda bertemu memiliki frekuensi sama dan terbentuknya frekuensi ganda yang besar.

Setelah bertemu dengan Ustadz Amir Abdullah, Kepala MA Darul Madinah Madiun, Selasa, 14 Juli 2020, saya kembali bertemu dengan Mas Masohibul Abror, Kepala SMK Islam Baburrohmah Mojosari Mojokerto. Saya diundang untuk berbagi dengan teman-teman di SMK Islam Baburrohmah tentang pembelajaran daring. Sebelum berbagi di ruang yang disediakan, saya sempat berbincang ringan dengan Mas Abror, begitulah saya memanggil. Kami (saya dan Mas Abror) memperbincangkan dengan pembelajaran daring dan promosi sekolah melalui Youtube, Facebook, Website, dan segala fasilitas kekiniaan.

Ide Mas Abror sangat match dengan ide yang ada di otak saya. Saya hanya menganggukkan kepala ketika Mas Abror bercerita tentang gagasan memanjukan SMK Islam Baburrohmah. FYI, SMK Islam Baburrahmah terletak di pinggiran Kecamatan Mojosari. Jalan masuknya juga kecil. SMK ini satu lingkungan dengan SMP, SD, TK, dan PG. Walaupun di daerah pinggiran, gagasan-gagasan Mas Abror seolah menembus batas pesimisme bagi orang yang memandang. Itulah anak muda, bumi tempat berpijak tidak mampu membatasi jalan pikirannya.

Waktu yang singkat itu, banyak pelajaran yang saya ambil dari Mas Abror. Jiwa optimis, ide masa depan, revolusioner, tegas, dan berbagai jiwa khas anak muda. Semoga SMK Islam Baburrohmah Mojosari Mojokerto mampu menjadi mercusuar sekolah masa depan di tengah keterbatasan. Saya yakin dengan hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *