Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Pertemuan-7)

Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah lembar kerja yang berisi informasi, perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembaran berisi tugas yang di dalamnya berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas. Lembar Kerja Siswa ( LKS) bisa diartikan lembaran-lembaran yang digunakan peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajaran, serta berisi tugas yang dikerjakan oleh siswa baik berupa soal maupun kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.

Tujuan penyusunan LKS setidaknya ada 4 hal, yaitu:

  1. Menyajikan bahan ajar yang memudahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan
  2. Menyajikan tugas-tugas yang meningkatkan penguasaaan peseta didik terhadap materi yang diberikan
  3. Melatih kemandrian belajar peserta didik, dan
  4. Memudahkan pendidik dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

Fungsi LKS secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran
  2. Mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar mengajar
  3. Sebagai pedoman guru dan peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistimatis.
  4. Membantu peserta didik memperoleh catatan tentang materi yang akan dipelajari melalui kegiatan belajar
  5. Membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis.
  6. Melatih peserta didik untuk menemukan dan mengembangka keterampilan proses, dan
  7. Mengaktifkan peserta didik dalam mengembangkan konsep

Bentuk LKS ada dua, yaitu: LKS HANDS-ON: suatu kegiatan yang melibatkan praktik atau eksperimen dengan menggunakan peralatan dan bahan yang berlaku. Sistematika penyusunan LKS Hands-On adalah Judul, Tujuan, Alat dan Bahan, Prosedur Kerja, Tabel Data, dan Bahan Diskusi.  LKS MINDS-ON: terfokus pada inti dari konsep yang memperkenalkan siswa untuk membangun proses berpikir dan mendorong mereka untuk bertanya dan mencari jawaban yang dapat meningkatkan pengetahuannya dan dengan demikian siswa mendapatkan pemahamannya. Sistematika LKS Minds-On adalah Judul, Tujuan, Petunjuk Kerja, dan Diskusi dan Pembahasan.

Simak video berikut.

 

32 thoughts on “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Pertemuan-7)

  1. Materinya mengingatkan saya saat ngajar di SMA,
    Setelah di SMK ga pernah menggunakan LKS.

    Insyaallah kedepannya mencoba buat LKS .
    Terima kasih materinya Cak Lukman

  2. Ada hal yg mengganjal dr keterangan bpk tadi, sy mengambil materi macam-macam kampuh busana, nah nanti diharapkan siswa bisa mengerjakan beberapa kampuh, apa saya harus membuat beberapa lks juga sesuai produk yang harus siswa kerjakan

  3. Alhmdulillah, sudah lbih faham tentang lks, yg memang smpat miskonsepsi dr pengetahuan awal tentang lks. Matur Nwun Pak Luk…

  4. Alhamdulillah, ilmunya nambah terus. Belajar langkah demi langkah membuat modul sesuai buku 4.Terimakasih Cak Lukman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *