Podcast Bedah Buku PTKjadiBuku, Sebuah Gagasan

Gagasan ini tujuannya adalah berbagi. Berbagi pengetahuan, ilmu, inspirasi, gagasan, dan apapun itu selama memberikan manfaat kepada guru lain.

Podcast yang pada awalnya berbasis audio (suara) telah berkembang menjadi podcast berbasis video (tentu dengan audio). Youtube telah menjadi tempat untuk mengembangkan podcast berbasis video. Banyak public figure, artis, dan tokoh-tokoh terkenal membuat podcast di Youtube. Tema yang bermacam-macam mampu memberikan manfaat dan pilihan bagi penonton, mulai dari aktivitas keseharian, inspirasi, maupun hanya sekedar hiburan.

P3G Jawa Timur dan Youtube Channel Kelasku Online mencoba meramba dunia podcast berbasis video via Youtube. Apa yang dibahas? Saya mencoba mengamati arsip buku yang telah diterbitkan oleh Penerbit Delta Pustaka sudah sangat banyak. Hal ini menimbulkan ide untuk membahas dengan penulis. Buku hasil pelatihan PTKjadiBUKU adalah objek penting yang perlu dibahas. Tujuannya adalah guru-guru mendapatkan inspirasi dari isi buku tersebut. Ditambah lagi, jika guru ingin memiliki buku tersebut bisa langsung membeli ke penulisnya. Walaupun tidak terbatas dengan buku hasil pelatihan PTKjadiBUKU, guru yang pernah menerbitkan karya siswa dalam bentuk antologi juga bisa berpartisipasi dan berbagi tentang cara mengoptimalkan literasi di sekolah melalui karya siswa.

Gagasan ini tujuannya adalah berbagi. Berbagi pengetahuan, ilmu, inspirasi, gagasan, dan apapun itu selama memberikan manfaat kepada guru lain. Aplikasi yang digunakan bisa Google Meet atau Zoom. Waktunya tidak lama, saya mencoba hanya 30 menit agar penonton tidak bosan. Singkat, padat, dan jelas. Penyampaian bedah buku didesain dalam bentuk dialog interaktif tanpa powepoint. Saya sebagai host akan berdiskusi interaktif dengan penulis secara langsung. Video akan direkam dan diunggah ke Youtube Channel Kelasku Online. Berminat? Silahkan isi komen di bawah! Saya juga menerima ide-ide segar agar tentang konsep podcast ini.

2 thoughts on “Podcast Bedah Buku PTKjadiBuku, Sebuah Gagasan

  1. Luar biasa..
    monggo cak, saya daftar ya

    pertanyaan klasik sih:
    apa bisa untuk kenaikan pangkat jua ya…?
    apapun jawabannya, saya tetap ikut kok, cuma sekedar bertanya aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *