Presentasi dan Teknik Presentasi

Kunci untuk membuat konten penjelasan materi pembelajaran adalah tampilan presentasi dan teknik presentasi. Presentasi berhubungan tampilan materi yang akan dijelaskan atau ditampilkan di layar Youtube. Tampilan presentasi yang sederhana dan simpel akan membuat peserta didik mendapatkan penjelasan lebih dari materi tersebut. Hal inilah yang menjadikan teknik presentasi juga tidak kalah penting.

Tampilan presentasi dan teknik presentasi harus bisa berjalan bersamaan dalam sebuah video pembelajaran di Youtube. Tampilan presentasi bagus, tetapi teknik presentasi hanya membaca atau seperti orang membaca, maka akan sangat membosankan. Begitu juga sebaliknya, teknik presentasi bagus tetapi tampilan presentasi dipenuhi teks, maka juga akan membosankan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah persiapan materi pembelajaran. Persiapkan materi pembelajaran yang akan dijadikan video Youtube dengan baik. Buat urutan materi dengan baik agar pemahaman peserta didik menjadi terstruktur. Bila belum pernah membuat video pembelajaran untuk diunggah ke Youtube, maka buatlah skenario (script) terlebih dahulu agar penjelasannya sistematis.

Hal kedua adalah membuat presentasi powerpoint. Buat materi presentasi seserhana mungkin dan mudah dipahami. Jangan tergesa-gesa menyampaikan materi pembelajaran. Buat bagian-bagian kecil materi akan materi tidak terlalu panjang. Untuk membuat presentasi materi pembelajaran, buatlah dari materi yang mudah ke sulit atau materi prasyarat ke materi inti. Sampaikan materi yang esensial (penting) saja. Kurangi animasi yang memberatkan agar proses perpindahan slide lancar. Bila diperlukan, buat latihan soal dan pembahasan agar peserta didik lebih paham.

Hal ketiga adalah teknik presentasi. Teknik presentasi yang dimaksud di sini adalah bagaimana menjelaskan atau memberikan penjelasan dalam video. Pahami terlebih dahulu materi sebelum menjelaskan. Jangan membaca slide agar tidak membosankan dan membingungkan peserta didik. Beri penekanan pada materi-materi yang penting dipahami dan menjadi prasyarat untuk materi berikutnya. Akan sangat tampak realistik, jika menggunakan pen tablet sebagai pendukung. Hal ini bertujuan agar penjelasan pendidik tampak seperti menjelaskan di ruang kelas saat tatap muka. Bila tidak punya pen tablet, maka atur munculnya teks.

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan video berikut ini.

 

9 thoughts on “Presentasi dan Teknik Presentasi

  1. Bismillahirrohmanirrohiim… siap belajar. Belajar sepanjang hayat. Berusaha mengikuti dg baik. Terima kasih cak Lukman… barokallah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *