Riset

Riset akan menjadi khasanah ilmu baru di masa mendatang. Riset tidak harus sesuatu yang baru. Riset bisa memperbaiki, menambah, melengkapi, melanjutkan penemuan-penemuan yang sudah ada. Inilah fungsi riset secara mendasar dalam dunia ilmiah.

Dialog antara Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono di Channel Youtube: Raditya Dika dalam suatu kesempatan Pandji mengatakan bahwa sebelum melakukan Stand Up Comedy, Pandji selalu mengadakan riset terlebih dahulu agar lawakannya bermutu dan tidak asal-asalan. Riset berguna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti yang diceritakan Pandji saat menghadapi kasus salah satu bit (lelucon dasar dari Stand Up Comedymenyinggung salah satu koran kriminal di Indonesia. Riset inilah yang menyelamatkan Pandji dari ketersinggungan koran kriminal tersebut.

Kalau membuat lawakan saja membutuhkan riset, apalagi sesuatu yang memang bersifat ilmiah. Seolah jika membahas tentang riset, maka pembahasan akan rumit dan sangat membosankan. Sebenarnya tidak seperti itu juga. Riset dapat diartikan penyelidikan. Penyelidikan ini akan bisa bersifat kompleks jika memang keperluannya adalah untuk akademis, misalnya riset untuk skripsi atau tesis. Riset untuk keperluan skripsi atau tesis membutuhkan sistematika, referensi, instrumen, dan metodologi yang sangat baku.

Saya mencoba menyederhanakan arti riset. Teman saya seorang guru, pernah melakukan survei dengan instrumen angket dari penelitian orang lain tentang persepsi siswa tentang teknik membuat rumah/lubang kancing Passevoile. Survei ini menghasilkan data analisis hasil angket yang menunjukkan bahwa diketahui 66,67% menyatakan lebih mudah dengan teknik dua helai kumai serong/lurus, 54,17% menyatakan lebih cepat menggunakan dua helai kumai serong/lurus, dan 87,50% menyatakan hasil lebih presisi dan lebih rapi dengan teknik dua helai kumai serong/lurus. Inilah makna riset secara sederhana.

Ketika saya ingin membuat kurikulum pelatihan penelitian tindakan kelas, saya membeli lima buku yang membahas tentang ruang lingkup penelitian tindakan kelas. Saya pelajari semua buku tersebut untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing buku. Buku-buku tersebut memberikan saya persepsi yang baru tentang cara membuat penelitian tindakan kelas. Sehingga saya termotivasi untuk membuat buku yang tidak sama dengan buku-buku penelitian tindakan kelas yang sudah terbit. Inilah makna riset secara sederhana.

Seorang guru bimbingan konseling (BK) yang bidang pekerjaannya berhubungan dengan pemberian advice kepada siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa siswa yang memiliki perilaku menyimpang. Guru BK memberikan treatment tertentu untuk mengubah perilaku siswa tersebut menjadi lebih baik. Treatment itu muncul dari berbagai teori yang dikumpulkan dari jurnal dan buku. Inilah makna riset secara sederhana.

Riset ini akan membangun perilaku ilmiah di lingkungan sekolah. Riset juga akan mampu mengungkapkan sebuah kenyataan menjadi sangat ilmiah dan menyakinkan, walaupun itu hanya mendeksripsikan tentang intensitas penggunaan gawai cerdas. Riset akan menjadi khasanah ilmu baru di masa mendatang. Riset tidak harus sesuatu yang baru. Riset bisa memperbaiki, menambah, melengkapi, melanjutkan penemuan-penemuan yang sudah ada. Inilah fungsi riset secara mendasar dalam dunia ilmiah.

ri.set /risêt/

  • n penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik (kbbi.web.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *