Sama-Sama Gaib

Itulah kanal (Khan Academy) yang menginspirasi saya untuk membuat kanal Youtube yang serupa: Kelasku Online. Kelasku Online juga menggunakan papan virtual (Microsoft Whiteboard) dan Bamboo Pen Tablet sebagai spidol virtualnya tanpa adanya wajah saya.

Sebuah pesan singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) masuk ke gawai cerdas saya, ”
Boleh kritik, pak?,” buka teman saya melalui pesan singkat WA.
Sangat boleh,” jawab saya singkat sambil merasa penasaran apa kritikannya.
WI (Widyaiswara)-nya ghoib, gak ketok (tidak kelihatan)… bolpoinnya nulis sendiri …,” jawab teman saya dengan becanda tapi mengena.

Begini ceritanya! Semua berawal dari kanal Youtube: Khan Academy. Sebagai guru, saya berusaha mencari bahan-bahan materi tentang fisika, baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Walaupun dulu Youtube belum setenar sekarang, tetapi saya sudah menggunakan rujukan dalam pembelajaran fisika. Akhirnya, saya menemukan dan jatuh cinta pada kanal Youtube: Khan Academy.

Khan Academy dalam membuat video, menggunakan papan virtual di layar dan menjelaskan dengan spidol virtual. Orang yang menjelaskan tidak kelihatan alias gaib. Hanya suara dan coretan saja yang keluar di papan virtual. Walaupun wajah tidak kelihatan, intonasi, pilihan kata, sistematika, sangat mudah dimengerti, termasuk saya yang pasif dalam berbahasa Inggris.

Itulah kanal (Khan Academy) yang menginspirasi saya untuk membuat kanal Youtube yang serupa: Kelasku Online. Kelasku Online juga menggunakan papan virtual (Microsoft Whiteboard) dan Bamboo Pen Tablet sebagai spidol virtualnya tanpa adanya wajah saya. Spidol bergerak sendiri dengan suara saja dan ada suara yang menjelaskan tanpa wajah. Itulah yang dikatakan teman saya sebagai ghaib. Bukankah agama juga mengajarkan: Lihatlah apa yang dikatakan (dibicarakan/dijelaskan) dan jangan melihat siapa yang mengatakan. Di samping itu, ada alasan yang utama kenapa saya tidak menampakkan wajah di video, karena wajah saya tidak masuk kategori camera face.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *