Seminar Daring PTK, Sebuah Gagasan

Laporan penelitian tindakan kelas yang diseminarkan masih menjadi favorit bagi teman-teman guru untuk memenuhi nilai dari subunsur publikasi ilmiah. Laporan PTK bernilai 4 (empat) jika diseminarkan.

Semangat berbagi bagi Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Jawa Timur adalah harga mati. Berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh P3G Jawa Timur digulirkan dalam rangka pengembangan profesi guru. Ide atau gagasan, baik atas inisiatif internal maupun usulan teman-teman sangat kami hargai. Ketika fasilitas dan sumberdaya memenuhi maka akan dilaksanakan. Sepenuh hati melayani para pengemban profesi mulia seorang guru.

Laporan penelitian tindakan kelas yang diseminarkan masih menjadi favorit bagi teman-teman guru untuk memenuhi nilai dari subunsur publikasi ilmiah. Laporan PTK bernilai 4 (empat) jika diseminarkan. Seminar luring masih menjadi kesulitan guru untuk mengumpulkan teman-teman guru lainnya menjadi peserta. Peserta seminar harus minimal 3 sekolah yang berbeda. Apalagi masa pandemi yang interaksi luring sangat dibatasi. Kemampuan guru juga bermacam-macam dalam menyediakan tempat dan konsumsi bagi peserta. Hal inilah yang melatarbelakangi gagasan seminar daring laporan PTK.

Konsep dari seminar daring PTK ini adalah mengumpulkan semua guru yang ingin mempresentasi laporan PTK yang telah dibuat. Kelas besar disediakan untuk 90 guru yang akan mempresentasikan PTK-nya. Kelas besar akan dipecah lagi menjadi 3 kelas kecil. Setiap kelas kecil akan dihuni oleh 30 orang guru. Nah, kelas kecil inilah yang akan menyusun jadwal presentasinya. Semua guru di kelas kecil wajib menghadiri guru yang presentasi. Inilah adalah komitmen kebersamaan dalam kelompok kelas kecil. Kelas kecil lainnya boleh ikut kelas kecil lainnya untuk mengikuti seminar, tetapi tidak wajib.

Semua peserta dikenakan biaya 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) untuk menyewa aplikasi Zoom sebanyak 3 akun. Setiap kelas kecil memiliki aplikasi Zoom sendiri-sendiri. Zoom digunakan untuk media seminar daring karena guru sudah familier dengan aplikasi ini. Sehingga tidak ada yang kesulitan untuk menggunakannya. P3G Jawa Timur akan memfasilitasi registrasi dan penggunaan aplikasi Zoom. Setiap pertemuan ada tiga pemateri presenter, masing-masing presenter diberi waktu 30 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Setiap pertemuan kurang lebih 90 menit. Semua dokumentasi dalam bentuk video akan diunggah ke Youtube Channel Kelasku Online.

Setiap kegiatan P3G Jawa Timur selalu diusahakan menghasilkan karya (buku). Nah, setiap guru akan presentasi wajib membuat rangkuman hasil penelitian dalam bentuk artikel jurnal. Template  akan disediakan oleh P3G Jawa Timur. Artikel ini akan dibukukan dalam bentuk prosiding ber-ISBN. Semua peserta dapat memiliki buku sebagai portofolio karya. Untuk biaya cetak bergantung pada jumlah halamannya.

Semua peserta yang presentasi atau menjadi pemateri akan mendapatkan sertifikat sebagai narasumber yang bernilai 0,2 dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan bukti fisik salah satunya adalah prosiding dalam bentuk buku. Sebagai sebuah gagasan, tentu banyak pertanyaan. Apakah seminar daring diakui dalam penilaian angka kredit? Saya belum pernah membuktikan. Bila ada teman-teman yang sudah melaksanakan seminar PTK daring, bisa berkomentar di bawah. Berminatkah?

5 thoughts on “Seminar Daring PTK, Sebuah Gagasan

  1. Ide yang bagus diakui atau tidak itu urusan yg kesekian yg penting eksen dulu , semoga bermanfaat melatih guru untuk berkarya

  2. Saya pernah komunikasi dengan tim.penilai PAK, kata beliau dalam situasi pandemi Seminar Daring PTK dapat dinilai, tetapi jika pun tidak diakui tidak masalah,
    Ayo cak kapan ide ini akan dimulai, siap menjadi peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *