Sinergi Berbagi

Saya punya mimpi untuk menduplikasi diri dalam hal pemberdayaan guru. Mendampingi teman-teman guru yang memiliki keinginan untuk mengembangkan pemberdayaan guru.

(Mungkin) mimpi saya terlalu tinggi. Saya belajar dari Bapak saya. Bapak saya adalah petani yang menguasai keterampilan membuat pupuk organik. Bapak saya selalu mendampingi pemberdayaan petani untuk membuat pupuk organik swadaya, baik kelompok maupun individu. Beliau tidak pernah menarik sepeserpun dari petani yang ingin menuntut ilmu dari Bapak saya. Inilah yang saya tiru.

Saya punya mimpi untuk menduplikasi diri dalam hal pemberdayaan guru. Mendampingi teman-teman guru yang memiliki keinginan untuk mengembangkan pemberdayaan guru. Bukankah guru dapat bersama-sama belajar bersama guru juga? Dengan kata lain: dari guru, oleh guru, dan untuk guru. Apapun yang saya bisa akan saya bagi dengan teman-teman guru yang memiliki visi yang sama dengan saya. Semua saya lakukan tanpa biaya alias gratis.

Sungguh sayang jika sumberdaya yang saya miliki tidak dimanfaatkan dengan baik untuk pemberdayaan guru. P3G Jawa Timur dan Penerbit Delta Pustaka sudah saya wakafkan untuk pemberdayaan guru dengan segala keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Lebih khusus lagi teman-teman luar jawa. Saya sangat bangga bila teman-teman guru luar jawa begitu semangat untuk mendampingi teman-teman lain.

Dulu saya pernah mendampingi salah satu sekolah di Kalimantan untuk membuat jurnal. Saya bantu mulai dari awal sampai akhir. Walaupun akhirnya gagal. Bagi saya itu tidak masalah. Hari ini, saya akan berbagi dengan teman-teman guru dari Bintan Kepulauan Riau yang tergabung dalam CELL (Center of Education Learning and Literacy). Sebanyak delapan orang guru ingin menularkan virus-virus pemberdayaan dan literasi di Bintan Kepulauan Riau. Saya dan teman-teman CELL tidak bertatap wajah. Bila punya visi dan misi yang sama, pasti akan ada cara kami dipertemukan. Inilah yang saya sebut sebagai panggilan gaib. Harapan saya, semoga saya dan CELL mampu bersinergi memberdayakan guru (sekaligus siswa) dengan kegiatan-kegiatan yang mempu menghasilkan karya. Saya siap membantu lahir batin sebagai partner. Tidak perlu takut dihantui oleh uang/biaya. Semua free alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *