Tantangan #1HARI1PUISI

Berawal dari keresahan teman-teman yang penikmat dan penulis puisi. Keresahan itu adalah koleksi puisi yang terbuang percuma entah kemana. Ide berpuisi yang muncul tiba-tiba itu ditulis di note, WA, facebook. Setelah teman-teman merasa kumpulan puisi yang ditulis tadi cukup untuk dibukukan, teman-teman menjadi bingung. Kemanakah hendak aku cari tulisan-tulisan puisi itu? Pupus sudah harapan memiliki buku kumpulan puisi sendiri. Saya bisa merasakan betapa sedihnya teman-teman yang merasa seperti itu.

Terus terang saya bukan pecinta puisi. Apalagi penulis puisi. Saya merasa tahu diri. Pernah mencoba menulis puisi, satu jam berpikir dan mencoba menuliskannya, hanya mendapatkan empat baris satu bait. Itupun tidak jelas diksi puisinya. Seandainya dibaca oleh teman-teman ahli puisi, maka teman-teman akan bergumam dalam hati sambil berkata, “puisi kok seperti artikel”. Itulah saya.

Di sisi lain, saya punya penerbit, Penerbit Delta Pustaka. Walaupun saya tidak bakat menulis puisi, tapi saya berpikir dan memiliki ide, Tantangan nulis #1HARI1PUISI. Tantangan ini tidak ditulis via WA, FB, note atau lainnya, tetapi pakai Google Docs. Tentu teman-teman pemakai gawai android tidak asing dengan Google Docs. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Teman-teman makin akrab dengan pembelajaran daring, salah satunya ada Google Classroom. Google Docs menjadi bagian dari Google Classroom.

Bagaimana cara mengikuti Tantangan nulis #1HARI1PUISI? Gampang, tinggal isi form di tautan: http://bit.ly/1HARI1PUISI. Nanti akan dibuatkan folder di Google Drive. Folder itu berisi 3 file template puisi: Depan, Kata Pengantar, dan Isi. Folder itu akan dishare ke akun Google peserta. Peserta dapat menulis melalui gawai android kapan saja dan di mana saja. Jangan lupa install Google Docs di gawai melalui Google Play. Setiap muncul ide, tulis! Tidak harus menunggu 90 hari. Jika sudah genap 100 halaman (berapapaun jumlah puisinya) segera hubungi WA Penerbit Delta Pustaka (085.85.0000.784) untuk ditindaklajuti pentaan ulang layout, dan pembuatan cover buku.

Sebelum pengajuan ISBN, peserta tantangan diminta untuk membayar cetak buku sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu), peserta mendapat layanan layout, cover, ISBN, dan 15  buku cetak. Jika jumlah halaman melebihi 100 halaman, maka akan ditambahkan Rp. 2.000,00/20 lembar setiap buku. Bagaimana jika kumpulan puisi tidak dicetak? Peserta tidak perlu membayar sepeserpun karena pembayaran itu digunakan untuk mencetak buku.

Lebih lengkapnya, info tentang Tantangan nulis #1HARI1PUISI:

085.85.0000.784 (Lukman)

0857.9491.1777 (Setyo)

4 thoughts on “Tantangan #1HARI1PUISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *