Terkekang Teori

Praktisi berangkat dari pengalaman sambil belajar terori. Ahli berpijak pada teori untuk dipraktikkan. Jangan sampai kita terkekang dengan teori-teori sehingga malas untuk berpikir di luar teori.

Suatu hari, bapak saya pernah menantang seorang dosen pertanian di suatu perguruan tinggi untuk membuat produk organik. Walhasil, produk organik yang dibuat oleh sang dosen gagal dan bapak saya berhasil. For Your Information, bapak saya adalah seorang petani lulusan SD. Belajar membuat produk organik secara otodidak dan diasah melalui pelatihan-pelatihan.

Bonek, begitulah saya sebut bapak saya ketika membuat produk organik, tanpa terikat teori A, B, C. Bapak saya selalu mencoba dengan hal-hal baru tanpa terikat aturan baku laboratorium. Bapak saya membuat produk organik di rumah, semacam laboratorium mini dengan peralatan sederhana. Bapak saya selalu melakukan hal-hal yang terkadang dipandang sebagai penyimpangan secara akademis oleh orang kuliahan. Tetapi bapak saya tidak terlalu mengambil hati hal itu. Walhasil, produk organik yang dibuat selalu lolos uji laboratorium pertanian.

Analisis saya, sang dosen terkekang teori-teori yang telah dipelajari. Laboratorium yang digunakan sebagai tempat pembuatan produk organik telah membatasi cara berpikir. Produk yang dbuat di laboratorium pasti berhasil dan bagus. Faktanya tidak demikian. produk organik yang dibuat di laboratorium justru gagal dan tidak awet ketika disimpan.

Teori yang didapat di bangku perkuliahan adalah baik, jika bisa menempatkan dengan baik. Pengalaman justru akan mematangkannya. Pengalamanlah yang membuat kita berani berpikir out of box. Praktisi lebih sederhana berpikir daripada seorang ahli. Praktisi berangkat dari pengalaman sambil belajar terori. Ahli berpijak pada teori untuk dipraktikkan. Jangan sampai kita terkekang dengan teori-teori sehingga malas untuk berpikir di luar teori. Inovasi kadang muncul dari orang-orang yang tidak paham teori dan berani mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *