Tugasmu Menyampaikan

Tugas saya adalah menyampaikan materi dan berdiskusi sesuai dengan kemampuan saya menjawab. Bukan tugas saya untuk menjamin keberhasilan peserta setiap kegiatan, tetapi peserta sendiri yang menentukan.

Saya selalu menganalisis tingkat keberhasilan dalam setiap pelatihan yang diselenggarakan oleh P3G Jawa Timur, Penerbit Delta Pustaka, dan Youtube Channel Kelasku Online. Rata-rata persentase yang menghasilkan karya (buku) atau lulus dalam pelatihan antara 20-30%, tidak lebih dari itu. Analisis itu saya lakukan untuk kegiatan yang telah selesai, seperti Kelas #nulisPuisiBareng, #PTKjadiBUKU, Quick Writing Series, #nulisPTKbareng. Itu secara kuantitatif.

Saya mencoba mengubah sudut pandang tentang keberhasilan suatu pelatihan. Saat ini yang mendaftar sebagai peserta #nulisMODULbareng sekitar 900-an orang. Perkiraan saya sekitar 20-30% saja yang aktif dan menyelesaikan tugas akhir. Tetapi saya sangat berharap ada 80% yang selesai atau lulus di tingkat dasar. Sudut pandang yang saya pakai adalah keberhasilan suatu pelatihan adalah ketika kegiatan itu mampu menginspirasi peserta. Menginspirasi yang dimaksud adalah setelah mengikuti pelatihan ini teman-teman terus berkarya walaupun tidak mendapatkan sertifikat. Jika hanya satu orang yang lulus pun, saya anggap pelatihan saya berhasil.

Tugas saya adalah menyampaikan materi dan berdiskusi sesuai dengan kemampuan saya menjawab. Bukan tugas saya untuk menjamin keberhasilan peserta setiap kegiatan, tetapi peserta sendiri yang menentukan. Kekurangan selalu mengiringi setiap kegiatan, itu wajar dan sangat manusiawi. Jadilah pribadi-pribadi yang serius dalam mengikuti setiap pelatihan. Ukur diri, apakah mampu mengikuti 3, 5, atau bahkan 7 pelatihan daring, teman-teman yang mampu menjawabnya. Saya tidak pernah main-main dalam mengadakan setiap kegiatan, saya berharap teman-teman juga begitu.

20 thoughts on “Tugasmu Menyampaikan

    1. Niatnya menambah kompetensi untuk kemajuan para siswa semoga bisa mengikuti dengan taklim sampai khatam, sertifikat bukan yg utama, meskipun itu penting, utujes (setuju) cak

  1. Insyaalloh berusaha untuk berhasil, hanya kadang saya terkendala sebagsi guru BK,kalau berbicara KD,KI ,dan lain2 seperti guru mapel
    karena memang BK punya keunikan sendiri

  2. Terima kasih cak..kelas perdana ini benar-benar menginspirasi saya untuk kegiatan menulis lainnya. Semula berpikir tidak ada waktu dan mampu menulis tapi setelah gabung tiba-tiba seolah ada magnet besar yang selalu menarik untuk selalu berkarya. Akhirnya berawal dari grup trilogi ini bisa menghasilkan lebih dari satu karya.

  3. Semoga saya bisa telaten.. dan semangat selalu mengikuti program2 ini.. matur nuwun sabar pak membimbing saya yg sangat amatir dalam menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *