Wakaf Gawai Cerdas

Dunia maya telah memiliki peran yang penting dalam media promosi suatu sekolah. Segala informasi sekolah dengan diakses dalam dunia maya. Hal ini akan mempengaruhi minat orang tua dan calon siswa untuk memilih sekolah. Sebelum memilihkan sekolah bagi anaknya, orang tua akan terlebih dahulu mencari informasi di dunia nyata melalui Mbah Google. Dalam sekejap, orang tua akan merekam track record sekolah yang diincar, mulai dari guru, siswa, prestasi, ekstrakurikuler, dan semua kegiatan sekolah. Di sinilah peran laman resmi (sch.id) sangat penting bagi sekolah.

Saya ditunjukan oleh sekolah sebagai pengelola laman di dua sekolah tempat saya mengajar. Alamat laman resmi tersebut adalah smkn1sookomojokerto.sch.id dan smkpgriasookomojokerto.sch.id. Dengan keahlian yang pas-pasan, akhirnya saya mampu membangun laman itu dengan memanfaatkan template laman gratis dari sekolahku.web.id. Kemampuan jurnalistik yang masih perlu diasah saya gunakan untuk mengisi informasi kegiatan yang ada di sekolah, termasuk melengkapi dengan foto. Untuk mengemban penjaga pintu gerbang informasi sekolah di dunia maya, saya diberi tunjangan Rp. 150.000,- per bulan.

Karena gawai cerdas saya memiliki kamera yang kurang bagus, maka saya memutuskan untuk menabung dari uang tunjangan tersebut. Setelah cukup uang untuk membeli gawai cerdas baru. Saya mencari informasi gawai cerdas yang mumpuni dalam hal fotografi. Akhirnya, saya jatuh cinta pada gawai cerdas merk Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Gawai cerdas inilah yang saya gunakan untuk mendokumentasikan kegiatan sekolah untuk dimuat di laman resmi sekolah.

Gawai cerdas ini juga telah saya wakafkan untuk keperluan mengisi konten-konten video edukasi di Channel Youtube: Kelasku Online. Semua aplikasi pendukung editing video, unggah video, perekam suara, dam tidak lupa aplikasi pembuat thumbnail Youtube. Untuk mendukung penyimpan gambar dan video yang memakan ruang yang besar, saya sematkan penyimpanan eksternal 64 Gb.

Gawai wakaf ini tidak saya gunakan untk komunikasi sehari-hari. Aplikasi utama yang sering dipakai dalam membuat konten-konten Youtube adalah Kinemaster, Youtube Studio, Voice Recorder, Video Converter, Pixlab, dan tidak lupa Youtube yang lengkap dengan akun Kelasku Online. Semoga wakaf gawai cerdas ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain, khususnya untuk guru dan siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *