Blog Gratisan atau Berbayar?

Blog berbayar, tetapi konten-konten  sampah, maka orang juga enggan membaca. Blog gratisan bila berisi konten-konten mahal dan inspiratif bagi orang, maka orang akan tertarik untuk membaca. Lebih elegan lagi, blog berbayar berisi konten-konten inspiratif bagi orang lain.

Saat ini, penyedia blog gratisan masih bertahan dan banyak peminatnya, diantaranya yang terkenal adalah wordpress dan blogspot. Karena gratisan maka nama blog kita akan diikuti oleh penyedia blog. Misalnya saya buat nama blog lukman, maka namanya menjadi lukman.wordpress.com. Dengan kata lain, kita kontrak rumah orang secara gratis, maka alamatnya ikut yang punya rumah. Dulu saya pilih gratisan, sekarang pilih yang berbayar. Mengapa?

Nama blog adalah identitas pribadi kita. Blog seperti kartu nama (name card). Ketika kartu nama diberikan ke orang lain, maka kesan pertama yang kita inginkan adalah rasa tertarik dan penasaran. Bila ditanya orang, “apa alamat blog-mu?,“. Saya jawab, “lukman.wordpress.com,”. Orang itu terkesan, hemm.. gratisan! Beda dengan, “lukman.id”. Orang akan terkesan, “keren, dot id,“. Itu pendapat pribadi saya. Sebagai kartu nama, blog adalah identitas pribadi, maka harus dibuat semenarik mungkin bagi orang lain. Itulah mengapa saya pilih bukan gratisan.

Gratisan atau berbayar hanyalah salah satu kesan tentang blog yang kita punyai. Justru yang tidak kalah penting adalah konten yang ada di blog. Konten inilah justru yang menggambarkan siapapun diri kita, who are your? Blog berbayar, tetapi konten-konten  sampah, maka orang juga enggan membaca. Blog gratisan bila berisi konten-konten mahal dan inspiratif bagi orang, maka orang akan tertarik untuk membaca. Lebih elegan lagi, blog berbayar berisi konten-konten inspiratif bagi orang lain. Itulah investasi masa depan yang berharga, tidak hanya buat dunia, akhirat juga. Jariyah bagi pemilik blog.

Berminat memiliki blog berbayar? klik saya disini dan dapatkan diskon 5% dengan memasukkan kode promo KELASKUONLINEID. Saya membimbing anda sampai memiliki blog yang menarik seperti kelaskuonline.id. Kontak saya selalu terbuka untuk siapa saja: 085850000784 (Lukman Hakim).

5 thoughts on “Blog Gratisan atau Berbayar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *