Mandiri Karya (Bagian-3)

Medio tahun 2007, saya diberi kesempatan untuk pergi ke Borneo Island, lebih tepatnya di Balikpapan Kalimantan Timur. Saya berkesempatan untuk bergabung dengan orang-orang hebat di SMP Nasional KPS Balikpapan. Sarana dan prasarana yang lengkap membuat saya haus akan belajar. Sebagai sekolah swasta yang sangat mapan, pendidik diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dan berkarya. Inilah mengapa saya lebih suka di menjadi pendidik di sekolah swasta (private school) daripada di sekolah negeri. Sekolah swasta adalah sekolah independen yang pengelolaan sangat fleksibel. Sehingga ketika sekolah swasta mapan, maka kemajuannya akan sangat luar biasa. Dengan syarat, semua sumberdaya mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

SMP/MA Darul Madinah Kota Madiun adalah salah satu dari sekian banyak sekolah swasta yang mapan. Mapan itu artinya mampu berdiri sendiri dan mengelola segala sumberdaya yang dimiliki sekolah untuk maju. Inilah salah satu kelebihan dari sekolah swasta yang mapan. Pendidik yang masih muda dan banyak yang sudah berpendidikan S-2 memiliki nilai tambah tersendiri bagi lembaga.

Salah satu usulan program yang gagas dengan Ustadz Amir Abdullah adalah mandiri karya untuk membuat buku teks/buku pelajaran. Buku teks ini dibuat oleh pendidik sendiri dan digunakan untuk pembelajaran di kelas. Kelebihan dari buku teks yang dibuat oleh pendidik adalah kemampuan mengolah isi buku teks agar sesuai dengan karakteristik peserta didik yang diajar. Hal ini akan sangat efektif pembelajaran di kelas.

Selama ini, buku teks yang dipakai adalah LKS yang menurut saya kurang bermutu dan tidak bisa mewakili kemampuan peserta didik. Bisa jadi ada materi yang tidak diajarkan, malah ada di LKS. Begitu sebaliknya! Setiap saya berdiskusi dengan teman-teman pendidik atau teman-teman kepala sekolah swasta yang mapan, saya selalu menyampaikan hal yang sama. Semoga ini menjadi masukan yang tidak seberapa bagi kemajuan SMP/MA Darul Madinah Kota Madiun ke depan. Saya adalah bagian dari keluarga besar Darul Madinah Kota Madiun. Saya adalah wali santri dan wali murid di SMP Darul Madinah Kota Madiun (bersambung bagian-4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *